Sukses

Payudara dan Pemilihan Ukuran Bra yang Tepat

Payudara wanita terbuat dari jaringan khusus yang menghasilkan susu atau jaringan kelenjar, serta jaringan lemak.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu organ tubuh terpenting dari seorang perempuan yang harus dijaga kesehatannya adalah payudara. Bila perempuan mengabaikan kesehatan dari payudaranya, berakibat pada sulitnya untuk menghasilkan susu yang baik di saat memiliki anak, atau menderita kanker payudara, penyakit mematikan yang paling ditakuti seluruh perempuan di dunia.

Payudara adalah jaringan yang melapisi bagian dada (pectoral) otot. Payudara wanita terbuat dari jaringan khusus yang menghasilkan susu atau jaringan kelenjar, serta jaringan lemak. Anda harus tahu, besar kecilnya ukuran payudara seorang perempuan, ditentukan dari jumlah lemak yang terdapat di dalamnya.

Bagian penghasil susu di dalam payudara tersusun dalam 15 sampai 20 bagian yang disebut dengan lobus. Dalam setiap lobus terdapat struktur yang lebih kecil, yang disebut dengan lobulus, di mana susu diproduksi. Susu akan mengalir melalui jaringan tabung kecil yang disebut saluran. Saluran terhubung dan datang bersama-sama ke dalam saluran yang lebih besar, yang akhirnya keluar dari kulit puting. Dan, daerah gelap pada bagian kulit di sekitar puting disebut dengan areola.

Jaringan ikat dan ligamen akan memberikan dukungan besar pada payudara seorang perempuan, dan memberikannya bentuk. Saraf memberikan sensasi pada payudara. Selain itu, di dalam payudara pun terkandung pemuluh darah, pembuluh getah bening, dan kelenjar getah bening.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cegah agar payudara tidak kendur


Cegah agar payudara tidak kendur

Seiring pertambahan usia, payudara akan mengalami kekenduran bila tidak dijaga dengan benar. Meskipun usia tergolong tua, perempuan dapat membuat payudaranya terlihat muda dan sehat selama mungkin. Asalkan, selama hidupnya, perempuan tersebut mengenakan bra yang pas, dan hindari untuk tidak mengenakan bra. Karena, sejumlah perempuan mengaku nyaman bepergian tanpa mengenakan bra.

Beberapa ahli menyarankan, agar perempuan menghindari diet yo-yo dan merokok, yang berdampak buruk bagi payudaranya.

Untuk mengetahui bagaimana mendapatkan ukuran bra yang pas, perhatikan tahapan demi tahapan di bawah ini, seperti Health Liputan6.com kutip dari beberapa sumber, pada Jumat (8/8/2014)

3 dari 6 halaman

1. Mengukur ukuran bra



1. Mengukur ukuran bra

Jika Anda berpikir bahwa selama ini Anda sudah mengetahui dengan pasti ukuran bra sendiri, Anda salah! Sebab, 80 persen perempuan mengenakan bra dengan ukuran yang tidak tepat, karena mengalami kesulitan untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan bra yang cocok sesuai dengan ukuran payudara.

Mengenakan bra yang tidak pas, dapat menyebabkan kendur. Untuk itu, melakukan pengukuran terlebih dulu agar Anda mendapatkan bra dengan ukuran yang pasti, dan akan berdampak baik bagi payudara Anda sendiri.

4 dari 6 halaman

2. Carilah ukuran `band` yang tepat



2. Carilah ukuran `band` yang tepat

Balutan pita ukuran yang lembut di seputar bagian dada Anda agar bertumpu hanya di bagian bawah payudara, maupun bagian horizontal di sekitar punggung. Pastikan terlebih dulu bahwa itu nyaman bagi Anda.

Ukuran band yang tepat berjumlah genap. Jangan menambahkan empat, lima, sampai delapan inci untuk band dari bra yang akan Anda kenakan, karena band ini tidak akan mendukung payudara Anda, karena itu terlalu longgar. Misalnya, jika Anda mengukur ukurannya sekitar 31,5, maka ukuran band Anda adalah 32)

5 dari 6 halaman

3. Carilah ukuran cup yang tepat



3. Carilah ukuran cup yang tepat

Tarik dulu payudaranya sampai mendapatkan ukuran penuh dari dada Anda, kemudian cari nomor yang terdekat dari ukuran yang penuh itu, barulah talinya dililitkan. Sekarang, kurangi ukuran band Anda dari pengukuran payudara Anda, dan hasilnya sesuai dengan ukuran cup Anda.

0=AA, 1=A, 2=B dan seterusnya.

6 dari 6 halaman

4. Bra yang cocok


4. Bra yang cocok

Setelah tahu apa ukuran bra yang cocok untuk Anda, kini saatnya menemukan jenis bra yang cocok. Di luar sana, banyak jenis bra dengan gaya dan model yang berbeda, serta tingkatan dukungan untuk payudara juga berbeda.

Saat membelinya, tidak ada salahnya untuk mencoba bra terlebih dulu. Dan, ketika Anda mencoba bra, periksalah beberapa fitur untuk memastikan bahwa bra itu benar-benar cocok buat Anda;

- Lihat apakah cup mampu menahan payudara Anda.
- Pastikan band tidak terlalu longgar
- Lihatlah dada bagian samping di cermin
- Pastikan Anda memakai bra Anda dengan benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini