Sukses

Main Game Bisa Atas Depresi Lansia

Siapa sangka, bermain game komputer efektif bantu lansia atasi depresi.

Liputan6.com, Jakarta Bermain game biasa dilakukan oleh anak-anak maupun anak muda. Lalu bagaimana jika lansia bermain game pada komputer? Membayangkan para lansia bermain game komputer pasti sangat lucu. Namun siapa sangka, aktivitas ini berdampak positif karena mampu membantu lansia mengobati depresi.

Dalam sebuah studi, beberapa game komputer tertentu yang khusus dibuat oleh para peneliti dari Weill Cornell Medical College di New York, efektif mengurangi gejala depresi. Selain itu, pasien yang memainkan game komputer mencapai hasil hanya dalam empat minggu. Hasil yang sama saat menggunakan pengobatan dengan obat namun butuh waktu lebih lama sekitar 12 minggu.

Permainan komputer ini diklaim peneliti mampu meningkatkan fungsi 'eksekutif' otak lebih dibandingkan obat. Fungsi 'eksekutif' otak yaitu bagian otak yang mengatur perilaku perencanaan dan pengorganisasian.

Fakta ini ditemukan setelah peneliti menguji permainan komputer pada peserta berusia 60-89 tahun yang memiliki depresi berat maupun yang gagal menunjukkan perbaikan dengan obat antidepresan. Selama empat minggu, peserta diminta bermain game komputer selama 30 jam.

"Temuan kami menunjukkan bahwa kesehatan dan fungsi sirkuit otak yang bertanggung jawab untuk fungsi eksekutif penting untuk pemulihan depresi," ujar peneliti utama penelitian ini, seorang neuropsychologist Sarah Shizuko Morimoto seperti dilansir Fox News, Jumat (8/8/2014).

Terapi game komputer ini dapat digunakan baik sendirian maupun bersamaan dengan pemberian obat, tambah Marimoto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.