Sukses

Bagaimana Sarapan yang Sehat?

Jangan hanya asal makan, pilih makanan yang tepat untuk menu sarapan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengawali hari, manusia membutuhkan energi yang didapatkan dari makanan. Sarapan jadi aktivitas wajib yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya mengenyangkan, menurut The Journal of Psychiatric Research sarapan membuat seseorang memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan yang tidak sarapan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat sarapan jangan asal makan. Dr. Phaidon L. Toruan M.M dan dr. Widya Murni, MARS dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat menjabarkan bagaimana sarapan yang sehat. Seperti dikutip Jumat (8/8/2014) berikut diantaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menu sarapan sehat

1. Kaya Serat

Menurut salah satu penelitian di The VA Medical Center, jika sarapan tinggi serat maka pada siang hari akan makan kalori lebih sedikit dibandingkan yang tidak makan tinggi serat.

2. Buah dan sayur

Sisipkan sayur dan buah dalam menu sarapan Anda untuk menyuplai tubuh dengan vitamin, mineral, dan fitokemikal seperti yang dianjurkan National Academy of Sciences, Amerika Serikat.

3. Jus Buah

Konsumsi jus buah jika tidak punya waktu banyak untuk sarapan.

4. Sup

Bagi yang ingin membangkitkan selera makan, sup bisa jadi salah satu alternatifnya. Sup kacang merah, sup jagung, dan bubur kacang hijau bisa jadi pilihan sarapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.