Sukses

Makanan Ini Terlihat Sehat Tapi Bahayakan Diabetesi

Selain mengonsumsi makanan manis, sejumlah makanan yang dinilai sehat belum tentu baik dikonsumsi penderita diabetes

Liputan6.com, Jakarta Selain mengonsumsi makanan manis, sejumlah makanan yang dinilai sehat belum tentu baik dikonsumsi penderita diabetes. Seperti misalnya, jus buah. Bagi orang sehat, mungkin jus buah bisa bermanfaat bagi kesehatan. Tapi gula pada buah yang disebut fruktosa dapat membuat gula darah penderita darah naik.

Selain itu, laman Boldsky, Jumat (8/8/2014) menuliskan sejumlah makanan sehat lain yang bahaya bila dikonsumsi penderita diabetes:

1. Pisang

Buah yang mengandung banyak karbohidrat ini ternyata tidak baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, kadar fruktosa yang tinggi pada pisang matang dapat membuat lonjakan gula darah.

2. Kismis

Buah-buahan kering juga tidak baik untuk penderita diabetes. Kismis secara khusus mengandung banyak gula yang dapat menaikan gula darah Anda.

3. Roti

Roti putih memiliki serat yang sangat sedikit. Penderita diabetes harus membatasi asupan karbohidrat dari roti ini.

4. Ubi Jalar

Selama dikonsumsi dalam batas aman, sebenarnya ubi jalar aman dikonsumsi penderita diabetes. Namun jika dikonsumsi sebagai makanan utama dan pengganti nasi, hal ini cukup membahayakan.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mungkin tidak manis atau bergula tetapi dosis ekstra pati dari protein ini akan menyebabkan gula darah naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.