Sukses

Pertajam Ingatan dengan Makan Ikan Seminggu Sekali

Mengonsumsi ikan jenis apapun seminggu sekali dengan cara dipanggang atau dikukus mampu meningkatkan kesehatan otak.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengatakan agar pintar banyak makan ikan. Faktanya, memang benar. Mengonsumsi ikan jenis apapun seminggu sekali dengan cara dipanggang atau dikukus mampu meningkatkan kesehatan otak.

Hal ini diketahui dari penelitian terbaru yang dilakukan di Amerika Serikat. Hasilnya, mereka yang makan ikan memiliki volume otak yang lebih besar terutama pada area yang diasosiasikan dengan memori lebih baik 4% dan kognisi lebih baik 14%.

Namun cara memasak ikan pun harus diperhatikan untuk mempertahankan kandungan nutrisi pada ikan yang berpengaruh terhadap kesehatan otak.

"Memasak ikan dengan cara dipanggang atau dikukus membuat kandungan Omega-3 dalam ikan lebih tinggi dibandingkan digoreng. Karena pada saat ikan digoreng, panas tinggi minyak menghancurkan asam lemak yang terdapat pada ikan," tutur Dr Cyrus Raji salah satu tim penelitian ini, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (6/8/2014).

Salah satu peneliti, Dr Becker menambahkan, "Tentu saja hal ini menunjukkan bahwa faktor gaya hidup dengan makan ikan berkontribusi lebih besar dibandingkan faktor biologis terhadap perubahan struktur pada otak."

Hasil penelitian ini pun memperlihatkan, mereka yang rutin mengonsumsi ikan memiliki level pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak makan ikan secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini