Sukses

Islam Tidak Mengenal Pola Makan Vegetarian

Anutlah pola makan alami, karena mampu membuat lambung menjadi sehat karena dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Akar permasalahan segala sumber penyakit terdapat pada lambung. Apabila lambung sehat, maka tubuh dipastikan sehat juga. Untuk itu, anutlah pola makan alami, karena mampu membuat lambung menjadi sehat karena dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Ini dilakukan karena ola makan alami akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, serta tahan terhadap berbagai jenis penyakit. Sebab, penganutnya rutin mengonsumsi makanan hidup, yakni buah-buahan dan sayur-mayur. Hal ini sangat baik bagi kesehatan dan daya tahan tubuh.

Dr Muhammad Suwardi mengatakan, pola makan alami tidak mengukur jumlah kalori setiap kali makan. Apabila melakukan aktivitas makan dengan kombinasi ideal dan dengan waktu irama circadian yang telah ditentukan, serta makan dan minum tidak berlebihan, maka tubuh pun akan sehat.

"Ini seperti perintah Allah SWT dalam surah al-A'raf ayat 31. Bila ini diterapkan, akan membuat tubuh senantiasa sehat," kata dia ditulis Health Liputan6.com pada Senin (4/8/2014)

Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia sekaligus penulis buku berjudul `Solusi Sehat Islami`, pola makan alami lebih menekankan pada energi, tidak asal kenyang. "Energi sangat penting sebagai motor penggerak fungsi-fungsi organ tubuh," kata dia menambahkan.

Pola makan alami, kata dia, hanya mengatur dan mendisiplinkan tubuh sesuai fungsi enzim, keseimbangan asam-basa, dan irama circadian. Meski menekankan pada pola makan dengan asupan buah-buahan dan sayur-mayur, bukan berarti Anda harus menjadi seorang vegetarian.

"Selain itu, Islam juga tidak mengenal dan mengajarkan pola makan vegetarian. Islam hanya mengharamkan jenis makanan dan minuman tertentu karena lebih banyak mudaratnya dibandingkan faedahnya. Misalnya daging babi dan khamar," kata Suwardi menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.