Sukses

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

Kebiasaan makan di malam hari mungkin bukan ide yang bagus jika Anda sedang menjalani diet.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan makan di malam hari mungkin bukan ide yang bagus jika Anda sedang menjalani diet. Seperti disampaikan Nutritionist, Jaime Mass, R. D.  Ada 7 kebiasaan buruk yang sering dilakukan di malam hari yang dapat membuat tubuh gemuk, seperti dikutip Womenshealth, Sabtu (2/8/2014) berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Makan besar



1. Makan besar

"Ketika Anda kekenyangan, tubuh akan kesulitan untuk mencerna. Selain itu, makan terlalu banyak dan mengunyah dengan cepat juga bisa membuat asam lambung naik dan menambah berat badan," kata Mass.

3 dari 8 halaman

Makan sebelum tidur



2. Makan sebelum tidur

Menurut Mass, makan sebelum tidur itu bisa membuat susah tidur. Padahal kita tahu, tidur sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Makan sebelum tidur, lanjut Mass, dapat meningkatkan gula darah, merusak keseimbangan hormon dan menambah energi.

4 dari 8 halaman

Konsumsi kafein


3. Mengonsumsi Kafein

"Mengonsumsi secangkir kopi dapat mengganggu tidur. Walaupun ada yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi berat badan," kata Mass.

5 dari 8 halaman

Konsumsi banyak karbohidrat



4. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat

Makan terlalu banyak karbohidrat, dapat membuat gula darah tidak stabil. Mass mengatakan, karbohidrat dapat menyebabkan berat badan bertambah. Tak hanya itu, Jika gula darah naik sebelum tidur, Anda bisa merasa tidak nyaman di tengah malam.

6 dari 8 halaman

Nonton tv



5. Nonton TV

"Jangan pernah mengemil di malam hari. Gara-gara menonton televisi, kita seringkali lupa jika sudah makan banyak," tegas Mass.

7 dari 8 halaman

Banyak makanan



6. Menyajikan terlalu banyak jenis makanan

Ketika Anda duduk di meja makan, kata Mass, kelebihan makan tak bisa dihindari. Inilah yang membuat Anda susah menghitung berapa banyak jenis atau jumlah kalori yang Anda makan. "Saran saya, kalau bisa, tambahkan sayuran dalam makanan Anda."

8 dari 8 halaman

Alkohol



7. Minum alkohol

Segelas wine mungkin masih bisa ditolerir. Tapi kalau sampai menghabiskan sebotol wine, bisa merugikan kesehatan. Terlalu banyak konsumsi alkohol dapat membuat hormon tidak seimbang dan membuat Anda mudah kenyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini