Sukses

2 Alasan Kenapa Mesti Konsumsi Makanan Pedas

Ada manfaat kesehatan yang bisa dipetik dengan mengonsumsi masakan berbumbu dapur pedas.

Liputan6.com, Jakarta Cabai, lada, dan paprika mudah ditemukan di pasar. Tak hanya membuat masakan jadi lebih terasa nikmat dan pedas, ternyata ada manfaat kesehatan yang bisa dipetik dengan mengonsumsi masakan berbumbu dapur pedas. Dilansir dari Time, Jumat (1/8/2014) ini alasan Anda agar mengonsumsi masakan pedas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi risiko tumor

1. Mengurangi risiko tumor
Bisa jadi Anda tak menyangka, bahwa taburan lada pada makanan Anda bisa menjauhkan dari risiko tumor. Dalam studi yang dipublikasikan The Journal of Clinical Investigation menemukan fakta bahwa senyawa kimia pedas pada lada, paprika dan cabai dapat mengaktifkan reseptor sel pada lapisan usus sehingga menciptakan reaksi yang mengurangi risiko tumor berkembang.

Capsaicin, senyawa yang ditemukan pada cabai dan paprika, selain digunakan sebagai analgesik yang membuat saraf tak bisa merasakan nyeri ternyata bisa membantu mematikan reseptor aktif yang memacu pertumbuhan tumor.

Tikus yang diberikan capsaicin dapat mengurangi tumor serta memperpanjang kesempatan hidup pada tikus terutama juga diberikan obat antiinflamasi.

3 dari 3 halaman

Bantu menurunkan berat badan

 

2. Membantu menurunkan berat badan
Makanan pedas dapat meningkatkan rasa kenyang. Jika ingin tubuh membakar kalori lebih banyak peneliti dari University of California menyarankan makan paprika.

Dalam penelitian lain, pria dan wanita yang diberikan pil dengan komponen lada selama satu bulan berhasil membakar lemak lebih banyak dibandingkan yan diberikan plasebo. Penelitian lain dari Purdue University juga menemukan fakta bahwa mereka yang makan kurang dari satu sendok paprika merah kering berhasil menurunkan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini