Sukses

12 Fakta tentang Payudara yang Mengejutkan

Liputan6.com, Jakarta Baik pria maupun sama-sama memiliki bagian tubuh yang satu ini. Namun payudara perempuan lebih punya daya tarik ketimbang milik pria. Dibalik pembahasan mengenai cara merawat dan memeriksa kesehatan payudara serta fungsinya. Ada 12 fakta lain tentang payudara perempuan yang bisa jadi mengejutkan Anda seperti dilansir Everyday Health, Kamis (31/7/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Perempuan menginginkan

 
1. Ukuran semakin membesar
Perubahan ukuran tubuh yang membesar, ukuran payudaranya ikut membesar. Salah satu negara yang mengalaminya adalah Amerika Serikat. 
 
Menurut salah satu media fesyen Women's Wear Daily, ukuran payudara rata-rata perempuan di Amerika Serikat berkembang dari waktu ke waktu. Satu dekade lalu 34B kini 34DD.  Menurut para ahli hal ini disebabkan oleh tingginya obesitas.
 
"Obesitas yang jadi penyebab ukura bra rata-rata perempuan AS lebih besar dari seluruh dunia dan terus meningkat dalam 10 tahun terakhir," jelas Lauren Streicher, MD, asisten profesor klinik ginekologi di Feinberg School of Medicine. Ditambahkan lagi oleh Streicher, saat berat badan menurun beberapa kilo bukan berarti payudara mengecil seperti lingkar pinggang.
3 dari 8 halaman

Banyak wanita menyusui

 
 
2. Perempuan menginginkan payudara yang tidak dimiliki
Banyak perempuan yang tidak puas akan payudaranya. Yang besar ingin kecil, yang kecil ingin besar. 
 
Hal ini terbukti lewat pantauan data di American Society of Plastic Surgeon. Pada tahun 2010 terdapat 296.000 prosedur operasi implan untuk memperbesar payudara dan 170.000 prosedur pengecilan payudara.
 
3. Bra diciptakan pada abad 19
Sebelum abad 19 perempuan menggunakan korset untuk menyangga payudara mereka. Baru pada awal abad 20 pakaian dalam menyerupai bra masa kini diciptakan. Tahun 1930 baru mulai dipasarkan bra dalam skala besar dan muncul istilah 'cup' dalam alfabet (A,B,C,D dst) untuk membedakan ukuran bra.
 
Sayangnya, hingga kini perempuan masih salah menentukan bra yang tepat untuk dirinya. Bahkan menurut studi dari Sports Medicine Australia dan Breast Research Australia sekitar 80% perempuan salah menentukan ukuran bra tepat untuk menopang payudaranya. Tak hanya penampilan yang terganggu juga bisa sakit punggung.
4 dari 8 halaman

Pria lebih tertarik dada

 
4. Banyak wanita yang menyusui
Era boleh modern tapi kesadaran perempuan memberikan ASI untuk buah hati semakin besar. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, terjadi peningkatan jumlah ibu yang menyusui sejak tahun 2007. Kenaikan sekitar 3% per tahun dimana ibu menyusui bayi hingga usia tiga bulan dan 4% yang terus menyusui hingga 6 bulan.
 
Mereka yang berpendapatan tinggi dan berumur lebih dari 30 tahun pun melakukan hal ini. Seperti diketahui menyusui bayi dengan ASI tak hanya menghemat pengeluaran tapi juga melindungi bayi dari sakit dan menciptakan bonding antara ibu dan anak.
 
5. Di beberapa tempat legal bertelanjang dada
Hal ini pasti tak akan terjadi di Indonesia. Namun di beberapa negara bagian Amerika Serikat seperti New York, Ohio, Texas melegalkan perempuan bertelanjang dada.
5 dari 8 halaman

Rambut sekitar puting

 
6. Pria lebih tertarik melihat  dada ketimbang wajah 
Studi yang dilakukan peneliti dari University of Wellington ini mendapati 47% pria pertama kali melirik bagian dada perempuan, sedangkan yang tertarik melihat wajah pertama kali hanya 20%.
 
Para pria yang melihat dada pertama kali mengungkapkan bagaimana kesehatan payudara perempuan tanpa mempertimbangkan ukurannya.
 
7. Bentuk payudara bisa berubah setiap bulan
Naik turunnya hormon dalam siklus menstruasi memengaruhi perubahan payudara setiap bulan. Selain itu ukuran dan bentuk payudara pun akan berubah pada saat pubertas, hamil dan melahirkan, serta saat menopause.
6 dari 8 halaman

Bukan kanker

 
8. Rambut di sekitar puting itu normal
Tak semua perempuan terdapat rambut di puting, namun jika ada rambut ini hal biasa, ujar Streicher. 
 
Jika seorang perempuan memiliki banyak rambut dan bulu di tubuhnya ada kemungkinan tumbuh rambut-rambut halus di sekitar puting. Namun yang perlu diwaspadai ketika jumlah rambut di bagian tersebut semakin banyak, Streicher menyarankan untuk menemui dokter, bisa jadi itu tanda adanya masalah medis yang perlu diperhatikan.
 
9. Bisa punya lebih dari 2 puting
Supernumerary nipple atau puting tambahan, dapat tumbuh di tempat lain selain di payudara. Puting tambahan ini biasanya hadir dimulai dari ketiak lalu ke bawah payudara hingga ke pangkal paha. 
7 dari 8 halaman

Merokok bikin payudara turun

 
10. Kebanyakan benjolan yang ditemukan bukan kanker
Menemukan benjolan pada payudara pasti membuat perempuan langsung khawatir, jangan-jangan berbahaya. Namun, sekitar 80-85% benjolan yang ditemukan pada payudara tidak bersifat kanker. Fakta ini berlaku bagi perempuan yang berusia 40 tahun. 
 
Tapi tak ada salahnya saat menemukan benjolan untuk memeriksakan diri ke dokter secepat mungkin untuk menghindari sesuatu yang buruk.
8 dari 8 halaman

 
11. Merokok membuat payudara menurun
Studi tahun 2007 menunjukkan bahwa menyusui tak menyebabkan payudara kendur dan menurun, tapi merokok memungkinkan hal ini terjadi. Menurut peneliti dari University of Kentucky merokok mengganggu elastin pada payudara sehat, elastin adalah sebuah protein yang membantu menyokong payudara.
 
12. Tanda kalau hamil

Sebagian perempuan tak menyadari dirinya hamil terutama di trisemester pertama. Namun, payudara sudah memberitahu adanya kehamilan dimana payudara bertambah besar secara signifikan terutama pada trisemsester pertama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini