Sukses

5 Cara Jaga Berat Badan Saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Libur Lebaran tahun ini memang menyenangkan. Usai bersilahturahmi bersama keluarga masih tersisa beberapa hari yang dapat digunakan untuk berlibur. Tapi waspadai juga efek berlibur karena membuat kita lupa mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Coba lakukan hal berikut saat liburan seperti dilansir WebMD, Selasa (29/30/2014) agar berat badan tak melonjak pascaliburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Hindari membeli makan

1. Hindari membeli makan berlebih
Pada saat mendatangi tempat baru dan melakukan wisata kuliner, beragam makanan disantap dan biasanya sampai membuat sangat kenyang.

Hal itu dibenarkan oleh Linda H. Clemens EdD, RD dari Consumer Science and Education Department University of Memphis, dimana menemukan fakta bahwa perempuan cenderung membeli makanan berlebih saat di luar rumah dibandingkan hari biasa. Hal ini menyebabkan tubuh kelebihan kalori dan lemak.

3 dari 6 halaman

Perbanyak jalan kaki

2. Perbanyak berjalan kaki
Nikmati pemandangan di tempat liburan sambil berjalan kaki. Tak hanya sekedar mendapatkan pengalaman lebih jelas dan detil, aktivitas ini pun mampu membakar kalori berlebih saat makan tadi.

4 dari 6 halaman

Pesan menu sehat

3. Perbanyak pesan menu sehat
Saat berada di restauran memang akan dihadapkan puluhan menu menggugah selera. Usai memilih makanan yang disukai jangan lupa pesan makanan yang baik untuk tubuh seperti buah dan sayur.

5 dari 6 halaman

Sediakan air putih

4. Selalu sediakan air putih
Siapkan selalu satu botol air mineral dalam tas Anda saat berjalan-jalan untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi, apalagi jika liburan di pantai.

6 dari 6 halaman

Makan saat lapar

5. Makan saat lapar dan berhenti saat kenyang
Pada saat jam makan, makanlah secara perlahan hingga rasa lapar hilang dan segera berhenti saat kenyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini