Sukses

Tips Hilangkan Bau Prengus pada Olahan Daging Kambing

Anda yang tidak suka dengan bau prengus atau bau tidak enak pada kambing silakan ikuti cara ini supaya bau itu hilang

Liputan6.com, Jakarta Bau prengus atau bau tidak enak sering membuat banyak orang malas untuk mengolah bagian-bagian daging kambing. Padahal ada banyak hidangan yang bisa disajikan dengang menggunakan daging kambing, sebut saja gulai kambing, sate kambing, steak kambing, dan masih banyak lagi

Lantas bagaimana jika Anda ingin menyajikan makanan-makanan dengan bahan baku kambing agar tetap lezat dan tidak bau prengus? Berikut ini tips dari para pakar kuliner untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Daging Kambing

Sumber Bau Prengus Pada Daging Kambing

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa daging kambing begitu berbeda bau nya dengan daging lainnya. Bau prengus pada daging kambing berasal dari feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama kambing jantan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menghilangkan

Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

1. Teknik Menyembelih
Bau prengus pada kambing terletak pada tanduknya. Jika Anda menyembelih kambing dan menggunakan tangan kiri untuk memegang tanduknya maka jangan gunakan tangan yang sama untuk menguliti dan mengolah daging kambing.

2. Diamkan Sebentar
Daging kambing yang sudah dikuliti dan dipotong-potong sebaiknya jangan langsung dimasak. Gantung daging kambing dengan posisi terbalik (kepala di bawah). Proses ini juga disebut proses aging.

Proses ini membutuhkan waktu sekitar 24 jam dan bertujuan untuk menghilangkan darah pada daging kambing. Alternatif lainnya adalah menyimpannya dalam lemari es dengan suhu 4 derajat celcius.

3. Tambahkan Mentimun
Daging kambing yang akan direbus sebaiknya diremas dahulu dengan mentimun. Getah pada mentimun bisa meminimalisir bau prengus pada daging kambing.

4. Gunakan Bumbu Dapur
Gunakan campuran beberapa bumbu dapur seperti kunyit, jahe, salam, sereh, dan lengkuas yang sudah dihaluskan ke dalam campuran rebusan untuk menghilangkan bau prengus. Bumbu-bumbu halus ini diyakini bisa menghilangkan bau prengus ketika daging direbus sampai daging ini empuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini