Sukses

8 Cara Kontrol Nafsu Makan Saat Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Setelah sebulan menjalani puasa, hari raya raya yang ditunggu-tunggu pun tiba. Selain shalat Idul Fitri dan kumpul bersama keluarga hal lain yang ditunggu adalah mengicipi beragam makanan khas Lebaran. Bayangan sambel goreng ati, opor ayam dan ketupat, serta kue manis-manis langsung hadir di kepala.

Eitss... jangan kalap mata. Makanan lezat yang hadir dalam perayaan Lebaran cukup dikonsumsi sewajarnya tanpa berlebihan. Agar bisa mengontrol nafsu makan saat perayaan Lebaran begini caranya seperti dikutip laman Al Arabiya News, Minggu (27/7/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jalan kaki

1. Berjalan kaki di pagi hari
Jika jarak rumah dengan masjid tempat sholat Idul Fitri dekat, lebih baik berjalan kaki saja. Sebagai bagian dari berolahraga, jalan kaki membuat tubuh menghasilkan hormon bahagia bernama endrofin yang membantu menjaga nafsu makan dan memengaruhi suasana positif hati Anda.

2. Minum sebelum makan
Sebelum makan sajian khas Lebaran minum terlebih dahulu minum dua gelas air putih. Menurut studi tahun 2010 hal ini membantu mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh antara 75-90 kalori.

3 dari 5 halaman

Duduk dekat makanan sehat


3. Duduk dekat makanan sehat
Beragam makanan yang ada di meja makan, pilih yang dekat dengan buah atau sayur ketimbang makanan lainnya karena Anda cenderung mengambil kembali makanan tersebut ketimbang opor ayam di ujung sana.

4. Ucapan Benjamin Franklin
"Makan untuk hidup, tapi jangan hidup untuk makan" kira-kira begitu yang diucapkan ilmuwan AS Benjamin Franklin sepertinya pas saat Anda dihadapkan beragam kue dan makanan khas Lebaran.

4 dari 5 halaman

Kunyah sempurna

5. Mengunyah dengan baik
Selain berfungsi untuk menikmati setiap cecap sajian Lebaran, mengunyah makanan secara perlahan membantu kita menangkap sinyal kenyang dari perut.

6. Kontrol porsi makan
Makna penting dalam perayaan Lebaran adalah silahturahmi, mengobrol saat makan akan menjadikan suasana jadi kekeluargaan. Selain itu mengalihkan konsentrasi Anda pada makanan yang disantap.

5 dari 5 halaman

Perbanyak sayur dan buah

7. Makan lebih banyak buah dan sayur
Air dan serat dari buah dan sayuran berperan penti membuat Anda terus terhidrasi dan memberikan rasa kenyang.

8. Berdiri
Setelah selesai makan namun mulut rasanya masih ingin mengunyah coba Anda berdiri sejenak. Hal ini membantu untuk menentukan perut sudah kenyang atau belum. Segera ubah rasa di mulut agar tak kembali makan, misalnya dengan makan permen mint atau berkumur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini