Sukses

Pasien Penyakit Jantung Ingin Mudik, Perhatikan Ini

Anda yang sedang sakit jantung, perhatikan beberapa hal ini agar tetap terjaga kesehatannya

Liputan6.com, Jakarta Pasien dengan penyakit serius seperti jantung yang ingin berangkat mudik ke kampung halaman mengendarai kendaraan pribadi, harus menyadari bahwa kemungkinan untuk mengalami kekambuhan cukuplah besar.  Maka itu, obat menjadi barang pertama yang harus diingat, dan jangan sampai tertinggal.

"Kalau yang serius, obat jangan lupa dimakan dan dibawa. Karena ada beberapa jenis obat yang dianjurkan untuk dimakan di bawah lidah, ketika merasa keadaan sedang tidak enak dan nyaman," kata Dr Santoso Adhiwana, SpJP kepada Health Liputan6.com ditulis Sabtu (26/7/2014)

Lanjut Santoso, usahakan jarak antara letak obat dan penglihatan serta genggaman kita tidak terlalu jauh. Sehingga, ketika penyakitnya kambuh, obat tersebut mudah dicapai. "Taruh saja di saku, sudah paling aman. Kalau pun dia kolaps, orang yang ada di sekitarnya mudah menemukan obatnya itu," kata Santoso menambahkan.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta, menambahkan, jika penyakit jantung koroner pada pasien tergolong serius, jangan mengendarai mobil seorang diri, harus didampingi. Jika perlu, orang yang mendampingi itu juga bisa menyetir, sehingga bisa diminta untuk gantian.

"Paling penting jangan stres, dan jangan jalan yang langsung panjang jaraknya. Pelan-pelan saja, dan berhentilah sesering mungkin untuk beristirahat. Minimal empat jam sekali. Jika istirahat dinilai cukup, barulah melanjuti perjalannya. Selain itu, jangan stres," kata Santoso menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini