Sukses

Berapa Lama Waktu Tidur Paling Tepat?

Berbagai penelitian dan para ahli tentang tidur berpendapat tentang lama tidur yang dibutuhkan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Banyak informasi yang menyatakan orang dewasa tidur sekitar 8 jam. Namun hal tersebut dikoreksi lewat hasil penelitan terbaru dari University of California San Diego.

Seperti dilansir Fox, Jumat (25/7/2014) studi yang dilakukan selama enam tahun dengan melibatkan 1,1 juta orang menyebutkan bahwa orang yang tidur 6,5 sampai 7,4 jam setiap malamnya memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dibanding mereka yang tidur kurang maupun lebih dari itu.

Ditambahkan Daniel Kripke, salah satu peneliti dalam studi tersebut menyebutkan bahwa seseorang yang tidur dari 6,5 hingga 7,5 jam setiap malamnya lebih produktif, bahagia dan produktif dibandingkan mereka yang kurang atau lebih dari jumlah tersebut.

Dalam penelitian lain, tidur lebih dair 8 jam mengganggu kinerja dan memori pada hari berikutnya. Dan tidur terlalu sedikit dari 6,5-7,5 jam dikaitkan dengan masalah kesehatan diantaranya diabetes, obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Namun hal diatas disanggah oleh Timothy Morgenthaler, presiden American Academy of Sleep Medicine. Dr Morgenthaler menyarankan agar orang merasakan sendiri apa yang diraskan usai tidur 7-8 jam. Menurutnya seperti dilansir Wall Street Journal, Jumat (25/7/2014) kebutuhan tidur setiap orang berbeda tergantung faktor kultural dan genetik.

Pendapat lain pun dikemukakan Safwan Badr, pengritisi kesehatan dan obat tidur dari Wayne State University School of Medicine di Detroit. "Saya rasa seseorang tidak akan kelebihan tidur. Saat tidur cukup tubuh otomatis akan terbangun," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.