Sukses

5 Kondisi yang Bikin Kulit Tampak Tua

Bila kita benar dalam menjalankannya, maka akan terlihat muda meski usia sudah tergolong matang.

Liputan6.com, Jakarta Penuaan merupakan bagian tak terhindarkan dari kehidupan kita. Seberapa cepat proses penuaan itu tergantung pada gaya hidup yang kita jalani. Bila kita benar dalam menjalankannya, maka akan terlihat muda meski usia sudah tergolong matang.

Kita mungkin tak pernah sadar, apa yang kita lakukan dapat memengaruhi proses itu berjalan dengan begitu cepat. Untuk itu, ada beberapa hal yang patut kita perhatikan, agar terhindar dari penuaan dini, seperti dikutip Health Me Up, Jumat (25/7/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penggunaan sabun



1. Penggunaan sabun

Kulit kita memiliki acid mantle yang bertingak seperti lapisan pelindung alami untuk kulit. Bila menggunakan sabun biasa yang bersifat basa, maka akan membuat kulit menjadi kering. Sedangkan kulit kering, rentan terhadap keriput dan garis-garis halus di wajah. Sebagai gantinya, gunakan pembersih bebas kimia.

3 dari 6 halaman

Diet tidak sehat


2. Diet tidak sehat

Makan terlalu banyak makanan yang diolah dan tidak sehat, terlebih tinggi akan lemak, dengan cepat membuat pinggang kita lebar. Selain itu, makanan tidak sehat apa pun jenisnya, dapat memperparah kondisi wajah dan mengganggu penampilan kita. Biasakan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, yang dipenuhi dengan nutrisi dan antioksidan, yang bermanfaat bagi kulit, otot, dan tubuh kita.

4 dari 6 halaman

Kurang tidur

3. Kurang tidur


Tidak cukup tidur akan membuat kita rentan terhadap sejumlah risiko kesehatan, termasuk obesitas dan penyakit jantung. Kurang tidur juga memengaruhi fungsi keseluruhan organ kita, termasuk kulit yang merupakan organ terbesar dari tubuh kita.

5 dari 6 halaman

Tidak gunakan tabir surya



4. Tidak menggunakan tabir surya

Radiasi ultraviolet (UV) dari paparan sinar matahari, menyebabkan jaringan kolagen dan elastis rusak, sehingga membuat kulit Anda rentan terhadap keriput dan kendur. Gunakan tabir surya, untuk melindungi kulit dari bahaya tersebut.

6 dari 6 halaman

Minim olahraga



5. Minim olahraga

Rutin berolahraga akan membuat aliran darah ke dalam tubuh berjalan lancar. Dengan beraktivitas fisik, akan membuat otot tetap kuat sehingga kulit tidak kendur. Olahraga pun membuat kulit senantiasa kencang, dan membuat kita tampil lebih bugar dan terlihat muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.