Sukses

Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Makan Biar Ramping

Pada obesitas, air tubuh total lebih rendah dibandingkan orang tidak obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Obesitas merupakan penyakit multifaktoral yang terjadi akibat penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan, sehingga dapt mengganggu kesehatan. Pada obesitas, air tubuh total lebih rendah dibandingkan orang tidak obesitas. Ini karena kandungan air di dalam sel lemak lebih rendah daripada kandungan air di dalam sel otot.

Dalam kasus ini, para pakar kesehatan dalam buku ‘Air Bagi Kesehatan’ edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh pakar gizi seperti DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K) memberikan tips bagi penyandang obesitas untuk menurunkan berat badan dengan langkah mudah.

"Penyandang obesitas sebaiknya mengonsumsi 2 gelas air lebih banyak dibandingkan kondisi normal. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan air putih yang lebih banyak dapat meningkatkan oksidasi (pembakaran lemak)," katanya, ditulis Jumat (25/7/2014).

Menurut keempat ahli tersebut, minum 2 gelas air 1-2 jam sebelum makan (makan siang dan makan malam) dapat menurunkan berat badan. Hal ini juga telah dilakukan penelitiannya. Tapi catat, jenis minuman yang sesuai adalah air putih dan menghindari minuman yang mengandung gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.