Sukses

Makanan Berlemak Kala Lebaran Tak Bisa Luruh Hanya dengan Air

Semua makanan yang masuk ke tubuh, akan dimetabolisme.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran sebentar lagi. Dari sekian banyak tradisi makanan saat lebaran, pasti kebanyakan terdiri dari lemak. Sebut saja, opor ayam, rendang atau sambal goreng ati ampela. Semuanya terdiri dari lemak.

Kesemua jenis makanan tersebut, menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK tidak bisa luruh oleh air minum. Sebab semua makanan yang masuk ke tubuh, akan dimetabolisme.

Tapi ada satu jenis makanan, kata Fiastuti, yang dapat mengikat lemak yaitu serat. Makanan apapun yang mengandung serat, akan membuat mudah makanan keluar dan tidak lama tinggal di lambung.

"Minum air putih saja nggak ngaruh. Makanan seperti rendang atau lainnya yang berlemak, akan lebih lama tinggal di lambung. Proses lemak dari lambung ke usus butuh waktu lama. Maka itu, butuh serat untuk mengikatnya agar lebih mudah keluar. Yang bisa melakukannya cuma serat seperti dalam buah," katanya, seperti ditulis Jumat (25/7/2014).

Lebih lanjut, Fiastuti menerangkan kalau buah seperti kiwi, pir mengandung banyak serat yang dapat melancarkan metabolisme tubuh. "Secara fisiologis, makan masuk ke mulut kemudian melalui kerongkongan ke lambung. Di lambung, makanan akan diproses bersama enzim lipase baru ke usus. Untuk membantu kelancaran proses tersebut, butuh buah," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.