Sukses

Kapan Bisa Makan Bebas Saat Lebaran

Lebaran bebas makan, cukup 1-2 hari.

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, mengonsumsi apa saja selama lebaran tidak ada masalah. Hanya saja, seringkali banyak orang lalai dan tidak memerhatikan nutrisi makanan selama berhari-hari.

Seperti disampaikan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK bahwa selama lebaran tidak ada makanan khusus yang perlu dipantang jika sehat. Tapi ingat, lebaran hanya dua hari. Setelah itu, mulai makan sehat kembali.

"Lebaran bebas makan, cukup 1-2 hari. Selebihnya masuk lagi pola diet. Sayang kan, sudah puasa 1 bulan, mulai kebentuk tuh, lambung mengecil, jadi porsi makan nggak akan bisa banyak. Manfaatkan itu," kata Samuel yang belum lama ini menyelesaikan program doktoralnya di Universitas Indonesia, ditulis Jumat (25/7/2014).

Samuel mengingatkan, meski libur lebaran kali ini cukup lama, tapi makan besar dan enak hanya disarankan maksimal dua hari. Karena jika terlalu banyak makan, lambung yang tadinya telah mengecil, akan membesar dan Anda akan kesulitan untuk menurunkan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini