Sukses

Punggung Pegal Saat Mudik, Atasi dengan Pijat Shiatsu

Dapatkan manfaat memijat dengan gerakan tepat seperti pijatan shiatsu berikut.

Liputan6.com, Jakarta Saat mudik, waktu tempuh yang biasanya dilalui 3-4 jam bisa berubah hingga 10 jam. Tak hanya bosan, punggung pun jadi pegal gara-gara tegang duduk berlama-lama di bus, kereta, atau mobil.

Memijat punggung bisa jadi cara yang menyenangkan. Namun agar mendapatkan manfaat memijat, pijat dengan gerakan tepat seperti pijatan shiatsu. Pijatan tradisional dari Jepang ini bersifat lembut dan tenang yang  memberi tekanan pada permukaan tubuh secara bertahap. Sehingga efektif menghilangkan kekakuan otot, memperbesar kelenturannya, dan menghilangkan kelelahan.

Seperti dikutip dari buku Shiatsu Pijat Tradisional Jepang karya Toru Namikoshi, Anda dapat memijat punggung dengan cara berikut:

1. Pijat punggung bagian kiri menggunakan tangan kanan yang direngkuh dari atas bahu. Pijatlah bagian tulang belakang menggunakan jari telunjuk, kari tengah dan jari kanan. Pijatlah mengarah ke dada. Lakukan hal yang sama pada bagian sebaliknya. Lakukan tiga kali dengan masing-masing tiga detik.

2. Berikutnya, rentangkan tangan kiri Anda ke depan, tekuk sikunya dan kendurkan pergelangannya. Taruh tangan kanan Anda di bawah tangan kiri, melalui ketiak kiri, jangkau tulang belakang tepat di bawah bagian yang dipijat pada langkah pertama.
Setelah  punggung kiri dipijat, lanjutkan dengan bagian kanan dengan langkah sebaliknya. Lakukan pijatan ini tiga kali masing-masing tiga detik.

3. Terakhir, letakkan kedua tangan di bawah ketiak seperti kegiatan memeluk. Saat sudah sampai tulang belakang pijat punggung secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini