Sukses

Ayunkan Lengan Saat Berlari Bisa Kurangi Risiko Cedera Otot

Liputan6.com, Jakarta Mengayunkan lengan saat berlari mungkin tugas yang ringan tapi sering disepelekan. Perlu diketahui, para peneliti dari University of Colorado dan Universitas Brown menilai, posisi lengan saat berlari (tangan di atas kepala, lengan di dada, dan lengan belakang punggung) ternyata membuat kaki bergerak lebih cepat dan mengurangi risiko cedera otot.

Mengutip laman Cosmopolitan, Kamis (24/7/2014) penulis utama studi Christopher Arellano, Ph.D. yang baru saja menyelesaikan program studi doktoral di Brown University mengatakan, tanpa gerakan lengan, Anda harus memutar badan setiap kali berlari untuk melawan gerakan kaki Anda. Selain itu, energi yang dikeluarkan bila lengan tidak digerakkan akan lebih banyak.

"Studi ini menemukan bahwa berjalan tanpa gerakan lengan bisa membakar sekitar 13 persen lebih banyak kalori daripada berjalan secara teratur. Selain itu, kami juga melihat, berhenti mengayunkan tangan dapat berisiko cedera tulang belakang yang membuatnya sulit untuk berjalan sama sekali," jelas peneliti.

Arellano berharap, adanya studi ini dapat membuat atlet atau siapapun untuk tidak ragu mengayunkan tangan saat berlari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini