Sukses

Ketahui 4 Penyakit yang Akan Dialami Perokok Sosial

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa orang yang merokok pada situasi tertentu saja, seperti saat berkumpul bersama teman atau keluarga yang merokok. Perokok yang disebut perokok sosial ini meski frekuensi dan jumlah rokok yang dikonsumsi berbeda dengan perokok aktif tetap memiliki risiko terhadap kesehatannya.

Selain mengganggu kesehatan paru-paru, berikut empat penyakit yang bakal jadi problema di masa depan bagi perokok sosial seperti dikutip laman Women's Health, Kamis (24/7/2014).

1. Tidak Subur
Bagi perempuan, menghirup asap rokok bisa merusak produksi estrogen dan sel telur. Hal ini juga menyebabkan kemandulan dan menopause dini.

2. Kanker Payudara
Bahan kimia yang terdapat dalam rokok mendorong sel-sel payudara menjadi kanker. Dalam Journal of National Cancer Institute perempuan yang merokok berisiko 24% terkena kanker payudara.

3. Kanker Usus Besar
Risiko perempuan terkena kanker usus besar menjadi 19% jika pernah menghisap rokok. Sedangkan pada pria hanya 8% seperti dilaporkan Cancer Epidemiology, Biomakers & Prevention.

4. Kerusakan DNA
Dalam penelitian di jurnal Stem Cell menemukan bahwa adanya bakat kanker di paru-paru perokok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.