Sukses

19 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan yang sedang mengharapkan hadirnya buah hati dalam kehidupan berkeluarga berbagai cara dicoba demi mewujudkannya. Yakin sudah benar caranya?

Menurut beberapa ahli, menambah jumlah dan kualitas sperma berperan penting membantu mewudujkan kehamilan pada pasangan. Berikut rekomendasi yang harus dilakukan pria demi mewujudkan keinginan tersebut berdasarkan hasil beberapa penelitian yang dilansir laman Wiki How, Kamis (24/7/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Ubah Pola Makan

Ubah Pola Makan

1. Konsumsi Makanan Sehat
Jangan remehkan apa yang masuk ke tubuh. Makanan baik yang dikonsumsi membuat sperma jadi sehat. Hindari makanan olahan (nugget, kentang goreng beku, sosis) ganti dengan makanan rendah lemak dan tinggi protein. Jangan lupa untuk memasukkan sayur dan buah ke dalam menu harian, jika bisa beli yang organik. Pastikan minum minimal 8 gelas air per hari.

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C dan Antioksidan
Segelas jus jeruk yang mengandung 124 mg Vitamin C bisa jadi minuman penutup yang memberikan nutrisi tubuh sehingga menurunkan kemungkinan kecacatan dan meningkatkan jumlah sehat.

3 dari 8 halaman

Makan Zat besi

3. Makan Makanan Kaya Zat Besi
Konsumsi 11 mg zat besi yang bisa didapat dari daging sapi maupun ayam, kacang-kacagan dan tiram. Hal ini dapat meningkatkan kandungan semen, jumlah sperma serta level testosterone.

4. Sisipkan Makanan Kaya Asam Amino
Asam amino yang cukup pada tubuh membuat sperma meningkat jumlahnya. Bisa didapatkan dari daging merah, susu, keju, dan telur.

5. Tambahkan Makanan Mengandung Asam Folid
Asam folid (Vitamin B9) berperan meningkatkan kandungan semen pada sperma. Ambil manfaat ini dari sayuran hijau, orange juice, maupun sereal.

4 dari 8 halaman

Kalsium

6. Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin D
Dapatkan kebutuhan kalsium dari susu, yogurt, salmon. Untuk Vitamin D bisa dapatkan dari sinar matahari di bawah pukul 9 pagi.

7. Jangan Takut Makan Bawang Putih
Kandungan allicin yang ada pada bawang putih mengandung organosulfur yang meningkatkan jumlah sperma dengan cara mengoptimalkan aliran darah pada organ seksual.

8. Makan Lebih Banyak Makanan untuk Sperma Sehat
Goji beri, ginseng, biji labu, asparagus, pisang adalah daftar wajib makanan yang sering Anda konsumsi demi sperma sehat.

5 dari 8 halaman

Ubah Gaya Hidup

Ubah Gaya Hidup

1. Jauhkan Alkohol dan Rokok
Hindari merokok, obat-obatan yang tidak diresepkan dokter dan alkohol untuk mendapatkan sperma sehat dan jumlahnya banyak.

2. Gunakan Celana Boxer
Celana dalam yang ketat membuat testikel tak mendapatkan udara bebas. Padahal suhu udara yang panas menurunkan jumlah sperma. Beralih saja menggunakan celana boxer yang longgar yang membuat testikel bisa "bernapas".

6 dari 8 halaman

Kurangi bersepeda

3. Kurangi Bersepeda
Dudukan sepeda membuat organ vital pria ditekan dan terguncang yang menurut beberapa ahli mengurangi jumlah sperma.

4. Hindari Berendam Air Panas/Hangat
Meski air hangat dapat memperbaiki perasaan hati, namun lebih baik hindari. Karena dapat membuat pingsan. Selain itu, seperti disebutkan di poin 3, suhu panas mengurangi jumlah sperma.

5.  Emosi Stabil
Kelola emosi dengan baik agar stres tak melanda Anda. Perlu diketahui bahwa stres mengganggu kinerja hormon yang memproduksi sperma.

7 dari 8 halaman

Miliki berat ideal

6. Miliki Berat Badan Ideal
Usahakan agar mendapatkan berat tubuh ideal, tidak kurus maupun gendut karena hal ini memengaruhi keseimbangan hormonal yang nantinya berdampak pada jumlah sperma yang dihasilkan.

7. Hindari Konsumsi Steroid
Steroid anabolik biasanya dikonsumsi bagi pria yang menginginkan masa ototnya bertambah. Sayangnya, ini memengaruhi testikel Anda yang membuat produksi sperma menurun.

8. Istirahat Cukup
Saat tidur, tubuh malah aktif bekerja, termasuk memproduksi sperma. Penuhi kebutuhan 8 jam tidur agar produksi sperma berjalan baik.

8 dari 8 halaman

Olahraga PC muscle

9. Ikuti Olahraga PC Muscle
Mungkin Anda belum pernah mendengarnya, ini adalah olahraga dengan serangkaian gerakan yang menguatkan otot  pubococcygeus (otot di sekitar organ vital). Bagi pria, olahraga ini menghindari disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.

10. Jangan Gunakan Pelumas
Pelumas memang membantu saat proses berhubungan seksual, namun berbahaya bagi hasil karena dapat mengganggu gerakan sperma.

11. Hindari Terpapar Bahan Kimia Beracun dan Radiasi
Jika terpapar kedua hal ini membuat kerusakan permanen pada sperma. Jika, pekerjaan Anda terpapar akan hal tersebut, pastikan memakai pelindung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini