Sukses

Atasi Leher Pegal Saat Mudik dengan Pijat Shiatsu

Agar pijatan yang dilakukan efektif mengurangi gejala sakit pada leher, ada baiknya ikuti pijatan shiatsu.

Liputan6.com, Jakarta Mau naik mobil, bus, maupun kereta, waktu tempuh menuju kampung halaman biasanya bertambah lama saat musim mudik. Duduk terlalu lama tak hanya membuat pantat pegal, leher pun jadi tegang.

Memijat leher pun jadi alternatif untuk meredakan ketegangan yang terjadi. Agar pijatan yang dilakukan efektif mengurangi gejala sakit pada leher, ada baiknya ikuti pijatan shiatsu, pijatan yang bersifat lebih lembut dan tenang yang menggunakan ujung jari tangan. Seperti dikutip dari buku Shiatsu Pijat Tradisional Jepang karya Toru Namikoshi, begini caranya:

1. Pijatlah secara bersamaan dari ujung bawah telinga hingga awal bahu menggunakan telunjuk, jari tengah dan jari manis. Pijat perlahan pada setiap titik, masing-masing tiga detik.

2. Lalu, letakkan kedua jemari dalam posisi terkunci di belakang leher. Pijat lembut bagian tersebut dengan kedua ibu jari.

3. Masih dalam posisi sama, regangkan leher ke arah atas selama 10 detik. Ulangi 3 kali.

4. Masih dalam posisi kedua jemari terkunci di belakang leher, secara perlahan miringkan kepala ke kiri sekitar 50 derajat. Kembalikan ke posisi semula, ulangi lagi 2 kali. Lanjutkan kepala menoleh ke arah sebaliknya.

5. Lalu, letakkan jemari tangan di atas kepala dengan jemari saling mengunci. Tekan ke arah bawah selama 10 detik untuk mengontraksikan otot-otot leher. Kemudian lepas tangan dan kembali ke posisi normal. Ulangi hingga tiga kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini