Sukses

Penyebab Lain Sulitnya Punya Anak

Cahaya terang saat tidur mengganggu jam biologis tubuh yang berdampak sulit hamil.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sedang mengharapkan hadirnya momongan dalam kehidupan rumah tangga, ada baiknya mematikan lampu saat tidur. Menurut penelitian dalam jurnal Fertilityy dan Sterility, cahaya terang saat tidur mengganggu jam biologis tubuh yang berdampak pada sulit hamil dan memengaruhi perkembangan janin bagi Anda yang sedang hamil.

Hormon melatonin yang dijuluki hormon tidur akan bereaksi saat keadaan gelap atau minim cahaya. Sehingga memudahkan seseorang untuk terlelap. "Selain itu, hormon melatonin berfungsi lain seperti melindungi sel telur serta menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu selama ovulasi," tutur peneliti seperti dilansir Womans Health, Rabu (23/7/2014).

Ditambahkan peneliti, berkurangnya melatonin saat seorang perempuan hamil bisa membahayakan janin. Hal ini dikarenakan terganggunya jam biologis pada janin padahal sedang berkembang sehingga bisa menimbulkan masalah di masa depan.

Peneliti menyarankan bagi Anda yang ingin hamil atau ingin janin berkembang optimal, pastikan tubuh dapat memompa kadar melatonin dengan optimal dengan memertahankan minim cahaya saat tidur. Jauhkan pula tablet atau ponsel di tempat tidur. Pastikan juga lampu indikator televisi maupun komputer sudah mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.