Sukses

Olahraga Harusnya Bikin Kita Enjoy

Olah raga harus dilakukan teratur agar kemampuan tubuh meningkat, sehingga dapat berpengaruh positif pada produktivitas kerja

Liputan6.com, Jakarta Olah raga harus dilakukan teratur agar kemampuan tubuh meningkat, sehingga dapat berpengaruh positif pada produktivitas kerja. Namun, belum mulai olah raga, acapkali kita sudah disibukkan mencari sepatu, busana, alat dan tempat untuk latihan, bahkan hal kecil yang tak begitu penting. Peralatan tersebut pun diusahakan yang paling trendi.

Hal-hal penting dalam olah raga sebenarnya lebih pada intensitas, frekuensi, durasi, dan jenis latihan tertentu yang dipilih. Olah raga juga semestinya dapat dilakukan secara teratur dalam waktu panjang, supaya mendapatkan manfaat sesuai harapan, yaitu menjaga kesehatan.

“Olah raga ini dilakukan di luar kegiatan sehari-hari. Jadi membereskan rumah, menyapu, mengepel itu bukan olah raga, tetapi lebih sebagai kegiatan yang menggunakan tenaga dalam tubuh. Olah raga menggunakan energi yang berlebih dan bukan daily life activity,” ungkap Dr. Michael Triangto, Sp.KO di Jakarta, ditulis Rabu (23/7/2014).

Para perempuan yang berkarier di luar rumah, bisa menyiasati waktu yang langka, misalnya jalan di seputar kantor selama 30 menit, pada waktu istirahat. Ini latihan yang baik untuk menambah daya tahan.

“Bisa juga melakukan peregangan leher, bahu, tangan, kaki, dll. Sekarang ada alat praktis seperti sepeda kecil yang bisa dikayuh sambil mengetik di komputer, jadi tidak harus di gym,” tambahnya.

Olah raga sebaiknya membuat pelakunya enjoy, sehingga bisa dilakukan terus-menerus tanpa merasa bosan. Kuncinya 4E, yaitu Easy to look the result, Enable to feel the success, Enjoy to do the process, Encourage to repeat.

Artinya mudah melihat hasilnya, bisa dirasakan keberhasilannya misalnya dalam menurunkan berat badan, menyenangkan untuk dijalani, dan terdorong terus melakukannya.

Dr. Michael menyebutkan, intensitas, frekuensi, dan durasi latihan perlu diperhatikan. “Kalau latihan hanya di akhir pekan ya kurang. Minimal tiga kali seminggu dan pola makannya juga harus diperhatikan lagi, supaya tercapai keinginan menurunkan berat badan,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini