Sukses

7 Pola Makan Antidiabetes

Coba tujuh cara makan ini agar Anda tidak kena diabetes mellitus, si kencing manis

Liputan6.com, Jakarta Diabetes mellitus kerapkali dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak baik dan tidak sehat. Karena itu, langkah yang paling mungkin dilakukan adalah dengan memodifikasi perilaku kita agar makin sehat. Cobalah beberapa cara ini seperti dikutip dari WebMD, Selasa (22/7/2014):

1. Makan porsi kecil.
Cara makan itu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Pelajari jumlah sajian yang disarankan oleh ahli gizi untuk setiap makanan.

2. Kurangi lemak.
Hindari makanan berlemak tinggi dan guna¬kan lebih sedikit minyak saat menggoreng atau menumis. Kalau bisa, pakai minyak goreng yang sehat. Jangan pakai minyak untuk menggoreng berkali-kali.

3. Batasi makanan sumber lemak jenuh atau lemak trans.
Makanan sumber lemak jenuh misalnya da¬ging berlemak, gorengan, susu full cream, cakes, permen, biskuit, kue kering, pie, salad dressing, margarin, krim non dairy. Pilih salad dressing yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbanyak serat

4. Perbanyak serat.
Sumber serat bisa ditemukan dalam sereal yang terbuat dari 100 persen gandum, oatmeal, nasi merah, roti gandum.

5. Perbanyak sayur dan buah segar.
Makanlah beragam sayur dan buah setiap hari. Pilih buah dan sayur yang segar. Buatlah jus dari 100 persen buah segar. Jangan ditambah gula karena buah sudah cukup manis. Makanlah sayuran berdaun gelap seperti brokoli dan bayam, sayuran warna oranye seperti wortel, ubi, waluh serta kacang-kacangan seperti kacang merah, lentil dll.

6. Batasi yang manis.
Kalau bisa, hindari minuman beraroma buah, soda, teh, dan kopi yang sangat manis. Gula di dalam minuman seperti itu sangat tinggi. Ini yang bikin perut jadi buncit.

7. Kurangi garam.
Gunakan lebih sedikit garam saat memasak. Kalau bisa jangan tambahkan garam lagi saat di meja makan. Hindari sumber-sumber garam tersembunyi, seperti acar, daging olahan, sayur kalengan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini