Sukses

Mengapa Makan Buah Harus 30 Menit Sebelum Makan Besar?

Tidak sedikit ahli medis menyarankan, agar mengonsumsi buah-buahan tiga puluh menit sebelum makan utama.

Liputan6.com, Jakarta Kekeliruan kerap terjadi pada masing-masing individu terkait dengan mengonsumsi buah-buahan. Umumnya, individu mengonsumsi buah setelah makan utama sebagai pencuci mulut. Padahal, tidak sedikit ahli medis menyarankan, agar mengonsumsi buah-buahan tiga puluh menit sebelum makan utama.

"Gunanya, untuk membilas lambung kita dari sisa-sisa sampah sebelumnya, agar pencernaan berikutnya berjalan lancar dan alami sebelum diisi dengan makanan yang berat," kata Dr Muhammad Suwardi, ditulis Health Liputan6.com pada Senin (21/7/2014)

Sebab, lanjut Suwardi, enzim-enzim pencernaan bekerja dengan baik bila lambung dalam keadaan bersih sampah.

"Sebagai ilustrasi, apabila Anda akan menempati rumah baru, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu, bukan? Hati pun akan riang dan bisa tinggal dengan tenang bila rumah dalam keadaan bersih. Hal ini tentu saja akan memberi hasil akhir yang baik," kata Penulis Buku berjudul `Solusi Sehat Islami`.

Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia mengatakan, ketidaktahuan cara makan buah-buahan acap kali menimbulkan permasalahan. Namun sayangnya, justru buahlah yang dijadikan sebagai kambing hitam, padahal sudah jelas cara makannya saja yang tidak benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini