Sukses

Depresi, Biang Keladi Serangan Jantung di Usia Muda

Perempuan berusia 55 tahun ke bawah dengan tingkat depresi sedang dan berat berpotensi menderita masalah jantung yang fatal.

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang penyakit jantung urusannya mereka yang sudah tua. Kini, penyakit jantung bisa menyerang perempuan berusia di bawah 55 tahun. Dan ternyata faktor pemicu yang memainkan peran besar bukan pola diet yang salah, stres, kurang aktivitas fisik namun kesehatan mental.

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Americah Heart Association perempuan berusia 55 tahun ke bawah dengan tingkat depresi sedang dan berat berpotensi menderita masalah jantung yang fatal, seperti serangan jantung.

Seperti dilansir laman Womens Health, Senin (21/7/2014) hal ini diketahui setelah peneliti mengamati 3.237 pria dan wanita segala usia dengan masalah penyakit jantung dan kardiovaskular selama tiga tahun. Hasilnya, wanita berusia 55 tahun yang memiliki tanda-tanda depresi ringan dan berat berisiko 2,2 kali lebih tinggi terkena risiko penyakit jantung. Sekitar 29% wanita di bawah 55 tahun yang didiagnosis dengan depresi klinis dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Depresi juga memperbesar hadirnya risiko penyakit yang terkait jantung lainnya, seperti kardiovaskular seperti diungkap American Heart Association. Hal ini sama seperti dampak merokok, hipertensi, dan obsesitas.

Jadi, segera kelola emosi dan tekanan dala hidup agar tak menjadi permasalahan kesehatan mental yang berdampak pada kesehatan jantung Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Kesehatan mental mencakup kesehatan emosional, psikologis, dan sosial.

    kesehatan mental