Sukses

5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Kulit Makin Kinclong

Beri perhatian pada kulit untuk membuatnya sehat dan terawat dengan menghindari makanan minuman berikut.

Liputan6.com, Jakarta Meski sebagian kulit tubuh ditutupi pakaian, bukan berarti Anda tak perlu menjaganya. Beri perhatian pada kulit untuk membuatnya sehat dan terawat. Tak hanya dari pemakaian produk perawatan kulit, menjaga dari dalam juga sama pentingnya.

Salah satu caranya dengan mengurangi makanan dan minuman yang tak baik untuk kulit seperti dilansir laman Women's Health, Jumat (18/7/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan olahan

1. Makanan olahan
Keripik kentang, kentang beku, dan roti putih berisi pengawet yang membuat kadar gula darah melonjak. "Hal ini membuat tubuh merangsang produksi minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori dan mempercepat penuaan," tutur Carina Sohaili pendiri Vibrant Healthy Life and a Board Certified Celebrity Nutrition and Health Counselor. Makanan olahan yang kaya gula berkontribusi menghadirkan keriput dan garis-garis halus karena merusak lapisan tisu yang tugasnya menjaga kelembutan kulit.

3 dari 6 halaman

Produk dairy

2. Produk dairy
"Jika mendapati jerawat yang keras dan sakit di sekitar dagu, rahang dan leher bisa jadi ini tanda konsumsi produk dairy yang berlebih seperti susu, yoghurt dan keju," menurut ahli kecantikan kulit Renee Rouleau. Hal ini disebakan karena tubuh mampu mengeluarkan hasil metabolisme yang tidak dibutuhkan tubuh dalam kasus ini karena berlebih konsumsi produk dairy.

4 dari 6 halaman

Gula

3. Gula
Segera kurangi konsumsi gula jika kulit Anda bermasalah, jerawat misalnya. "Ketika ada ketidakseimbangan gula yang masuk ke tubuh membuat kulit jadi terus merah dan radang," tutur CEO StormSister Spatique Becky Turm.

5 dari 6 halaman

Kafein

4. Kafein
Minuman berkafein menyebabkan dehidrasi sehingga kulit kekurangan kelembapan.  "Kulit kering memengaruhi elastisitas alami kulit sehingga rentan kendur dan keriput," tutur  Christina Tauffman, pemilik studio olahraga di New England. Oleh karena itu penting untuk minum air putih 7-8 gelas per hari.

6 dari 6 halaman

Kerang

5. Kerang
Kerang, udang, kepiting, lobster memang lezat namun makanan tersebut tinggi yodium yang berperan menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. "Lebih baik pilih ikan yang kaya asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang baik untuk kulit," tutur ahli kecantikan Chrystal Wellman.
Selain itu kandungan Omega-3 dalam ikan menurut penelitian The University of Manchester melindungi kulit dari radiasi matahari dan kanker kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.