Sukses

4 Jurus Halaman Rumah Bebas Nyamuk

Tak hanya bentol-bentol merah, gigitan nyamuk pun berpotensi menimbulkan penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Saat di dalam ruangan kita bisa menghalau nyamuk, namun tidak dengan di luar ruangan. Acara bersantai di halaman seperti saat bersantai di sore hari jadi menyebalkan karena lebih banyak waktu dihabiskan untuk memitas nyamuk ketimbang mengobrol bersama keluarga.

Tak hanya bentol-bentol merah, gigitan nyamuk pun berpotensi menimbulkan penyakit demam berdarah, malaria, hingga chikungunya. Agar terhindar dari penyakit tersebut tentu saja syaratnya jangan sampai tergigit nyamuk.

Selain menggunakan losion antinyamuk, lakukan empat jurus berikut agar bisa bersantai tanpa digigigt nyamuk seperti dilansir Today, Kamis (17/7/2014).

1. Nyalakan kipas angin
Nyamuk tidak dapat melawan arus udara yang dihasilkan kipas angin. Selain itu, menurut Joe Conlon dari American Mosquito Control Association, nyamuk yang suka bau tubuh manusia yang berkeringat akan kebingungan saat  kipas angin menyala, karena udara yang dihasilkan "menyebarkan" bau tubuh manusia.

2. Pangkas tanaman rimbun
Segera potong rumput tinggi di halaman, karena menurut entimologi dan direktur St Tammany Parish Mosquito Abatement District di Louisiana vegetasi tinggi nan rimbun tempat kesukaan nyamuk.

3. Gunakan lampu kuning
Menurut Conlon, lampu berwarna kekuningan tidak menarik dibandingkan lampu biasa.

4. Pengasapan
Jika Anda dan tetangga merasakan nyamuk sangat banyak di rumah, segera hubungi Ketua RT untuk berkoordinasi meminta dilakukan pengasapan. Kandungan pestisida berbasis piretoid mampu membasmi nyamuk terutama di daerah rimbun seperti pagar tanaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini