Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Pertengahan Bulan Puasa Badan Makin Lemas, Apa yang Salah?

Semakin hari menjalani puasa, tubuh malah terasa lemas dan mengantuk.

Liputan6.com, Jakarta Sebulan menjalani puasa bukan hal yang mudah. Berbagai ujian mulai dari padatnya aktivitas dan kurangnya asupan sehat bisa jadi memengaruhi stamina tubuh. Alhasil, semakin hari menjalani puasa, tubuh malah terasa lemas dan mengantuk.

Jika Anda mengalaminya, mungkin ada yang salah dengan pola makan yang Anda konsumsi. Karena seperti dikatakan Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK bahwa tidak mungkin seseorang merasa lemas ketika pertengahan puasa.

"Justru kita akan semakin bisa beradaptasi dengan puasa. Tidak mungkin lemas di pertengahan Ramadan. Kalau kita di awal puasa telah biasa menahan lapar dan haus selama 14 jam, pada pertengahan puasa, tubuh sudah menyesuaikan sendiri. Artinya kita sudah tahu makan sahur segini biar kuat," kata Fiastuti, seperti ditulis Selasa (15/7/2014).

Hebatnya tubuh, kata Fiastuti, bisa mudah beradaptasi dengan perubahan pola makan. Buktinya, banyak orang yang tetap beraktivitas biasa walaupun puasa. Jadi kalau masih merasa lemas pada saat pertengahan bulan Ramadan, apa yang salah?

Menurut Fiastuti, jika tubuh terasa lemas, berarti pola makannya ada yang salah atau tidak sesuai dengan kebutuhan. "Mungkin dia malas sahur, kalau begitu ya sudah pasti lemas," ungkapnya singkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini