Sukses

7 Motif Agar Anda Bersemangat Bangun Pagi

Bangun pagi itu menyehatkan. namun tidak semua orang dengan senang hati melakukannya. Cari alasan agar Anda bersemangat bangun pagi

Liputan6.com, Jakarta Banyak kalimat bijak yang lahir dari Benjamin Franklin, seorang politisi, revolusioner Amerika, jurnalis, pebisnis, sekaligus ilmuwan dan penemu yang berdarah Inggris itu. Salah satunya yang terkenal berbunyi, “Tidur lebih awal dan bangun lebih dini membuat seseorang selalu sehat, sejahtera, dan bijaksana”. Sehebat itukah manfaat bangun pagi?

Pemikiran tentang pentingnya bangun pagi juga datang dari filsuf Aristoteles dan beberapa orang ternama lain. Mereka berani menyarankan karena bangun pagi telah menjadi kebiasaan hidup sehat mereka, dan sudah pula merasakan manfaatnya. Bukan tak mungkin jika salah satu kunci kehebatan mereka itu juga berkat bangun pagi.

Menurut pengobatan tradisional Cina maupun Ayurveda dari India, bangun pagi berarti menyeimbangkan irama tubuh kita dengan irama alam. Dan kebiasaan seperti ini akan membuat sistem organ tubuh juga bekerja lebih seimbang, sehingga kita menjadi lebih sehat. Bangun pagi yang disarankan yakni sekitar pukul 04.30-05.30, atau sebelum mentari bersinar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan yang nikmat

Cari alasan yang nikmat supaya terbiasa bangun pagi:

1. Mulai pelan-pelan, dengan bangun 15-30 menit lebih dini dari biasanya, selama beberapa hari. Lalu tambah lagi lebih dini 15 menit. Lakukan seperti ini secara bertahap, sampai pada jam yang diinginkan, misalnya bangun pagi pukul 04.30.

2. Tidur lebih awal. Kurangi waktu untuk nonton televisi atau berselancar di internet.

3. Siapkan bunyi alarm dan letakkan agak jauh dari tempat tidur, sehingga “memaksa” Anda bangkit dari tempat tidur untuk mematikannya, saat ia berdering keesokan harinya. Dan ingat, jangan balik lagi ke kasur.

4. Atur jarum jam beberapa menit lebih cepat dari yang semestinya.

5. Jangan minum kopi atau soda menjelang tidur.

6. Jangan memanjakan diri dengan bangun siang di akhir pekan. Tetap bangun pagi seperti biasa.

7. Pilih alasan tepat dan menyenangkan untuk bangun pagi. Contohnya, tanamkan dalam pikiran Anda bahwa bangun pagi sangat penting dalam hidup Anda, atau biasakan Anda bermeditasi setiap pagi untuk menghirup udara bersih nan segar, atau membaca beberapa halaman buku sambil minum secangkir kopi atau teh hangat. Hm, nikmat, ‘kan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini