Sukses

6 Alasan Penting Kenapa Bangun Pagi Baik untuk Anda

Menurut pengobatan tradisional China maupun Ayurveda dari India, bangun pagi berarti menyeimbangkan irama tubuh kita dengan irama alam.

Liputan6.com, Jakarta Banyak kalimat bijak yang lahir dari Benjamin Franklin, seorang politisi, revolusioner Amerika, jurnalis, pebisnis, sekaligus ilmuwan dan penemu yang berdarah Inggris itu. Salah satunya yang terkenal berbunyi, “Tidur lebih awal dan bangun lebih dini membuat seseorang selalu sehat, sejahtera, dan bijaksana”. Sehebat itukah manfaat bangun pagi?

Pemikiran tentang pentingnya bangun pagi juga datang dari filsuf Aristoteles dan beberapa orang ternama lain. Mereka berani menyarankan karena bangun pagi telah menjadi kebiasaan hidup sehat mereka, dan sudah pula merasakan manfaatnya. Bukan tak mungkin jika salah satu kunci kehebatan mereka itu juga berkat bangun pagi.

Menurut pengobatan tradisional China maupun Ayurveda dari India, bangun pagi berarti menyeimbangkan irama tubuh kita dengan irama alam. Dan kebiasaan seperti ini akan membuat sistem organ tubuh juga bekerja lebih seimbang, sehingga kita menjadi lebih sehat. Bangun pagi yang disarankan yakni sekitar pukul 04.30-05.30, atau sebelum mentari bersinar.

Inilah keuntungan yang bakal dipetik jika kita rajin bangun pagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pola makan sehat


1. Pola makan lebih sehat.
Bangun pagi berarti sempat sarapan. Makan pagi adalah bahan bakar terbaik untuk menunjang daya tahan tubuh dan produktivitas seharian, membuat kita tak tertarik makan junk food di siang hari. Sempat menyiapkan bekal sehat sekeluarga juga untuk dibawa ke kantor atau sekolah.

3 dari 7 halaman

2. Sempat olahraga

2. Sempat berolahraga.
Mengolah tubuh di pagi hari akan membuat kita berenergi. Ketika kita tidur, temperatur tubuh menurun. Olah raga akan meningkatkannya, sehingga terasa lebih bertenaga dan membuat segalanya terasa lebih mudah. Kalaupun seharian nanti banyak hal harus dikerjakan, tak perlu cari-cari waktu lagi untuk berolah raga.

4 dari 7 halaman

3. Lebih produktif



3. Lebih produktif.
Bangun pagi membuat kita punya banyak waktu, sehingga lebih banyak hal bisa dilakukan. Gangguan berupa dering telepon, misalnya, jauh lebih sedikit, sehingga kita lebih tenang bekerja. Pekerjaan juga lebih efisien karena kondisi fisik dan mental masih bugar ketimbang jika bekerja hingga larut malam.

5 dari 7 halaman

4. Lebih sedikit stres



4. Lebih sedikit stres.
Tidak buru-buru mempersiapkan diri ke kantor, tidak telat sampai di kantor, tidak ketinggalan kendaraan, dan sebagainya, sehingga tak memberi kesempatan kepada stressor untuk mengganggu.

6 dari 7 halaman

5. Lebih mudah capai sasaran



5. Lebih mudah mencapai sasaran.
Janji-janji bisnis akan lebih mudah ditepati kalau kita bangun lebih pagi. Kita juga punya waktu untuk mempersiapkan segalanya dengan lebih baik. Telat datang ke rapat, bertemu klien, atau presentasi bisa jadi sinyal buruk dan peluang bisa dengan mudah melayang. Sayang, kan!

7 dari 7 halaman

6. Tidur lebih lelap

6. Tidur lebih lelap.
Kualitas tidur bergantung pada tingkat aktivitas, pola makan, paparan sinar matahari, dll. Dengan bangun pagi pada jam-jam yang sama setiap hari, irama sirkadian tubuh menjadi stabil. Kondisi ini akan memperbaiki kualitas tidur dan membuat kita lebih berenergi sepanjang siang.

• Lebih punya waktu luang.
• Memulai kerja lebih awal membuat kita berpeluang mampu menyelesaikannya lebih cepat pula. Di waktu istirahat siang, tanpa kita sadari, telah banyak hal yang sudah kita laksanakan dengan baik. Di sisa waktu yang cukup banyak, kita bisa mengisinya dengan apa saja yang kita sukai, main musik atau membaca buku misalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini