Sukses

Stok Darah PMI Berkurang 60% di Bulan Puasa Ini

Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menipis kembali

Liputan6.com, Jakarta Meski selalu menjadi kekhawatiran, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menipis kembali pada bulan Ramadan dan jelang Lebaran kali ini.

Seperti disampaikan Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI), DKI Jakarta Dr. Salimar Salim bahwa setiap memasuki bulan puasa, persediaan darah di Unit Transfusi Darah Daerah Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta berkurang hingga 60 persen.

"Memang beberapa hari kemarin, stok darah kita agak menipis. Terutama trombosit, karena umurnya cuma 5 hari dan darah dengan golongan tertentu seperti AB. Kebutuhan darah yang mencapai 800-1000 kantong per hari menurun sampai 60 persen. Tapi alhamdulillah, kita sudah dapat 2.000-3.000 kantung darah dari donor keluarga," kata Salimar saat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/7/2014).

Kekurangan stok darah ini, kata Salimar, memang semata-mata karena masih adanya ketakutan di masyarakat yang khawatir pingsan atau lemas karena menjalani ibadah puasa. Padahal, donor darah bisa dilakukan pada malam hari.

"Jangan menunda donor darah ketika puasa. Ada banyak orang yang mengundur waktu padahal jatuh temponya bulan puasa. Kalau ragu mendonorkan darah karena takut pingsan atau lemas, bisa dilakukan malam hari setelah buka, setelah tarawih atau sebelum sahur, jadi nggak ada keraguan," ungkapnya.

Meski demikian, Salimar mengaku, PMI kerap meminta donor keluarga, TNI, POLRI dan sejumlah kantor pemerintah untuk menambahkan stok kantung darah.

"Upaya terakhir, kita meminta pada donor keluarga, TNI, POLRI, Paspampres dan kantor pemerintahan serta mengambil stok dari mal-mal di Jakarta," katanya.

Salimar juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak ragu melakukan donor darah waktu puasa. Sebab seperti ditetapkan fatwa Majelis Ulama Indonesia atau MUI bahwa mendonorkan darah tidak akan membatalkan puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.