Sukses

Cara Sehat Makan Es Krim Campur Kiwi

Apakah nutrisinya juga rusak ketika dimakan bersama eskrim atau yogurt beku?

Liputan6.com, Jakarta Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kiwi sejatinya bisa rusak bila terpapar cahaya atau sinar matahari. Tapi apakah nutrisinya juga rusak ketika dimakan bersama es krim atau yoghurt beku?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK mengatakan, kiwi yang dimakan dengan eskrim atau yoghurt beku ternyata lebih aman karena buah tidak sampai teroksidasi lama.

"Selama buah yang dipotong tidak terlalu lama terkena cahaya atau sinar matahari, dan langsung dimakan bersama es krim atau yoghurt yang suhunya dingin, kemungkinan oksidasi lebih kecil," katanya saat ditemui wartawan dalam acara Lebaran Sehat Bersama Zespri, ditulis Senin (14/7/2014).

Namun, jika kiwi yang akan kita makan dipotong kecil-kecil dan terlalu lama dibiarkan di bawah pancaran cahaya, maka oksidasi akan lebih banyak terjadi. "Buru-buru masukkan ke dalam es krim atau yoghurt, saya kira tidak akan membuat perubahan yang signifikan pada nutrisinya. Aman," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.