Sukses

Acara TV Membosankan Bikin Anda Ngemil Lebih Banyak

Jika program televisi sedang kurang seru lebih baik beralih ke acara lain atau matikan TV saja daripada bobot Anda bertambah.

Liputan6.com, Jakarta Program televisi apa yang kini sedang Anda gemari? Jika program televisi sedang kurang seru lebih baik beralih ke acara lain atau matikan TV saja. Karena bisa membuat Anda makan lebih banyak dibandingkan saat acara televisi sedang seru-serunya.

Hal  ini diketahui lewat penelitian dari ilmuwan di Sweden's Uppsala University terhadap 18 perempuan yang menonton program televisi berbeda sambil mengonsumsi makanan ringan. Program televisi yang ditonton adalah acara komedi yang masuk kategori acara menyenangkan dan pameran seni masuk kategori acara membosankan.

Hasil penelitian menunjukan juga bahwa acara TV yang membosankan sama seperti pameran seni membuat subyek penelitian 52% lebih banyak mengemil dibandingkan saat acara seru. Dari data tersebut para peneliti menyimpulkan, bahwa tingkat kebahagiaan saat menonton program televisi berpengaruh dalam menentukan jumlah cemilan yang dimakan.

"Saat acara TV membosankan, Anda berusaha untuk mengalihkan rasa tersebut ke makanan di hadapan Anda," tutur Aner Tal, rekan peneliti dari Cornell University Food and Brand Lab seperti dilansir laman Prevention, Minggu (13/7/2014).

Tal menambahkan, jika mengetahui bahwa diri Anda punya kecenderungan mengemil saat makan lebih baik sediakan cemilan sehat. Seperti sayuran atau buah daripada keripik.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.