Sukses

Cara Sehat Alami secara Islami

Tidak sedikit dari kita yang menjadikan olahraga sebagai sesuatu yang memberatkan. Padahal, olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Ada rasa enggan muncul di raut wajah seseorang ketika dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga jika ingin sehat. Tidak sedikit dari kita yang menjadikan olahraga sebagai sesuatu yang memberatkan. Padahal, olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

"Karena itu, berolahraga menjadi wajib hukumnya. Tubuh Anda tidak akan sehat dan bugar bila Anda tidak berolahraga," kata dr. Muhammad Suwardi, ditulis Health Liputan6.com, ditulis Sabtu (12/7/2014)

Menurut Suwardi, sehat saja belum cukup. Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, tubuh akan sehat sekaligus bugar.
"Kenapa? Karena olahraga memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar, akan membuka sumbatan sisa-sisa sampah metabolik berupa lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah," kata Suwardi menambahkan.

Penulis buku `Solusi Sehat Islami` ini melanjutkan, selain itu, organ-organ tubuh yang lain, akan mendapat suplai darah yang segar. "Apa jadinya bila tumbuh-tumbuhan di pekarangan rumah kita tidak mendapat suplai air yang cukup? Tahu `kan, jawabannya?."

Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia lebih lanjut menjelaskan, apabila sirkulasi darah berjalan dengan lancar, maka organ-organ tubuh akan memperoleh oksigen yang cukup, serta zat-zat gizi yang sangat diperlukan.

Kemudian, kata dia, terjadilah pertukaran zat-zat gizi, ada yang diserap dan apa yang dibuat. "Zat-zat yang tidak bermanfaat akan dibuang melalui pori-pori kulit sebagai keringat. Melalui ginjal sebagai urine, dan melalui saluran cerna sebagai feses, serta melalui pernapasan sebagai karbondioksida," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.