Sukses

Mudahnya Pertajam Ingatan

Walau menua sudah pasti ingatan terus tajam

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya umur sebagian orang merasa daya ingat tak secemerlang saat muda. Tapi jangan menyerah dan mengiyakan mitos tersebut. Karena usia tua bukan berarti fungsi otak memudar. 
 
Dr Adam Fraser, dokter sekaligus peneliti di bidang human performance berbagi rahasia agar otak sehat sehingga ingatan terus tajam. Berikut apa saja yang harus dilakukan seperti dilansir laman womenshealtandfitness, Senin (18/8/2014):
 
1. Perlakukan otak seperti jantung
 
Penyakit jantung terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke jantung tersumbat. Oleh karena itu penting untuk mengontrol kadar kolesterol dan lemak agar aliran darah lancar hingga otak.
 
2. Bersosialisasi
 
Berkawan dengan orang lain menghasilkan emosi positif yang bisa membanjiri otak dengan bahan kimia yang menyehatkan otak.
 
3. Olahraga
 
Tak hanya menjaga badan tapi juga memengaruhi jaringan otak. Olaharaga meningkatkan jumlah koneksi di otak sehingga informasi dapat diterima dengan baik.
 
4. Konsumsi ikan
 
Asupan Omega-3 yang banyak terdapat pada ikan atau minyak ikan dapat mengurangi penyakit Alzheimer sebesar 60%. Penelitian lain pun membuktikan satu kali makan ikan per minggu memperlambat penurunan kognitif 10%.
 
5. Latih otak
 
Sama seperti melatih otot yang butuh rutin berolahraga, otak juga butuh tantangan untuk mempertajam ingatan. Belajar bahasa atau alat musik, TTS, sudoko bisa menjaga otak tetap prima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini