Sukses

Olahraga di Bulan Puasa Tak Bisa Bikin Langsing

Olahraga yang sering dianjurkan para ahli kesehatan bukanlah bertujuan menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Meski anjuran olahraga di bulan Ramadan terus dikampanyekan. Tapi perlu Anda ketahui bahwa olahraga sebelum berbuka, yang sering dianjurkan para ahli kesehatan bukanlah bertujuan menurunkan berat badan.

Seperti disampaikan Pakar Gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK yang ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bahwa konsep olahraga pada saat puasa bukan untuk diet tapi untuk mereka yang ingin tetap fit dan menjaga bobot tubuh agar tetap stabil.

"Berolahraga di bulan Ramadan itu untuk maintenance, bukan untuk turun. Kalau mau berat turun, harus diimbangi dengan pengurangan makan," kata Samuel, seperti ditulis Jumat (11/7/2014).

Samuel menerangkan, untuk gampangnya, agar langsing selain olahraga juga perlu mengurangi seperempat porsi makan biasanya. Jadi Anda hanya makan tiga perempatnya saja. Nanti jika perut sudah bisa beradaptasi dengan kebiasaan seperti itu, lama-kelamaan, kurangi porsinya menjadi setengahnya.

"Bulan puasa ini mestinya dijadikan kesempatan. Coba saja, siapa yang merasa cepat kenyang saat buka walau hanya minum air putih. Itu tandanya lambung Anda mulai mengecil. Ketika kita terbiasa makan dengan porsi sedikit dan bobot tubuh mulai berkurang, harus diingat agar jangan makan terlalu banyak lagi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini