Sukses

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

Agar terhindar dari sariawan dan demam, berikut 4 bahan herbal yang bisa diolah, seperti

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Selama kurun waktu tersebut, Ia juga akan tetap menjalani kesibukannya. Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh tidak prima, penyakit seperti sariawan dan demam bisa muncul dan dapat mengganggu ibadah puasa.

Agar terhindar dari dua penyakit tersebut, Pakar Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB menagatakan ada 4 bahan alami yang dapat membantu mencegahnya seperti:

1. Thyme

Berfungsi mencegah antibakteri atau jamur dan sangat baik untuk mengobati sariawan.

2. Lycorice atau akar manis

Akar manis memiliki manfaat anti radang. Senyawa Glicoceerin di dalamnya dapat memberikan efek anti radang tanpa merusak lambung.

3. Daun saga

Daun yang bentuknya kecil, mirip dengan daun asem atau daun putri malu ini memiliki manfaat untuk antiinflamasi. Sayangnya, biji daun saga sangat beracun. Bijinya digunakan untuk membunuh serangga. Jika dikonsumsi manusia, bisa merusak saraf.

4. Alang-alang

Bahan alami yang sering dijumpai di pinggir jalan ini bermanfaat untuk menurunkan demam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.