Sukses

Cedera yang Rentan Dialami Para Pelari

Murah, mudah, tidak ada diskriminasi, menyenangkan, dan dapat dilakukan di mana saja, menjadikan olahraga lari semakin banyak penikmatnya.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini olahraga lari begitu populer di kalangan masyarakat perkotaan. Murah, mudah, tidak ada diskriminasi, menyenangkan, dan dapat dilakukan di mana saja, menjadikan olahraga lari semakin banyak penikmatnya.

Anda ingin mencoba olahraga lari? Anda harus bersahabat dengan cedera yang mengintai para pelari. Jika Anda tidak siap dengan cedera yang mengintai, ada baiknya memilih olahraga lainnya.

"Walaupun tidak mengancam jiwa, jenis-jenis cedera ini harus diketahui dulu," kata Dr. L. Andre Pontoh, SpOT (K) menjelaskan.

Dalam diskusi bertema 'Atasi Cedera Lutut Akibat Lari Dengan Penanganan Spesifik di Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sport Center', Dr Andre Pontoh memaparkan cedera apa saja yang bakal dialami pelari, di empat bagian penting yang ada di kaki;

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Paha



1. Paha

Ada dua cedera yang terjadi di paha, ITB dan Hamstring (terjadi di belakang paha).

"Kedua cedera ini berakibat pada nyeri, karena kurang pemanasan," kata Dokter Spesialis Bedah Orthopedi Konsultan Sport Medicine Rumah Sakit Pondok Indah - Pondok Indah, di Hotel Mulia, Senayan, Kamis (10/7/2014)

3 dari 5 halaman

Tulang kering



2. Tulang kering (Shein Splints)

Cedera pada tulang kering, kata Andre, dikarenakan beban dari si pelari itu sendiri. Biasanya, dialami oleh pelari yang belum pernah lari sama sekali, dan mencoba untuk lari.

"Tulang keringnya stres, tapi cukup mengganggu," kata Andre Pontoh.

4 dari 5 halaman

Kaki



3. Kaki

Menurut Andre, tidak sedikit individu yang salah kaprah menilai bagian kaki. Perlu diketahui bahwa bagian yang dimaksud dengan kaki, dimulai dari pergelangan kaki ke bagian bawah.

Andre Pontoh mengatakan, ada tiga cedera yang mengintai pelari di bagian kaki;

A. Achiles tenderistis : Radang pada urat kaki bagian belakang.


B. Plantar fascilitis : Diakibatkan salah cara berlari.


C. Patah tulang pada jari-jari kaki.

5 dari 5 halaman

Lutut



4. Lutut

Pada bagian lutut, seringkali terjadi kelainan pada tulang rawan sendi (Patello Femoral Pain Syndrome). Untuk mengetahui cedera bagian ini, jelas Andre Pontoh, tidak bisa hanya di-rontgen, melainkan harus dilakukan MRI.

Ada pun gejala nyeri lutut bagian depan, sebagai berikut;


A. Sulit untuk dilipat secara penuh.


B. Nyeri jika harus melakukan aktivitas duduk-berdiri-duduk.


C. Terasa nyeri ketika naik turun tangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini