Sukses

Kenapa Minuman Beralkohol Bikin Kecanduan?

Cari tahu faktor apa saja yang membuat minuman beralkohol membuat kecanduan.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa teman, saudara atau Anda sendiri gemar sekali minum minuman beralkohol bahkan sampai kecanduan. Tak perlu berasumsi, peneliti dari California berhasil mendapatkan jawabannya.
 
Minuman beralkohol merangsang pelepasan hormon endorfin, hormon yang menimbulkan perasaan senang di otak. Berdasarkan penelitian Gallo Clinic Ernest and Research Center, University of California, hormon endorfin dilepaskan di otak bagian nucleus accumbens dan kortek orbitotfrontal.
 
Bagian otak nucleus accumbens, menurut data yang dilansir dari laman Huffington Post, Kamis (10/7/2014), merupakan wilayah otak yang terkait perilaku adiktif, sedangkan kortek orbifrontal merupakan wilayah otak yang berhubungan dengan pengambilan keputusan.
 
"Ini membuktikan bagaimana minuman beralkohol membuat seseorang merasa lebih baik," tutur Direktur Proyek Klinis Gallo CenterJennifer Mitchell, PhD.
 
Hal senada diungkapkan penelitian dalam jurnal Science Translational Medicine, dimana pemabuk berat mengalami perubahan kondisi otak yang meningkatkan perasaan senang. Selain itu, info dari BBC News memicu pelepasan dopamin yang menghasilkan perasaan puas usai minum alkohol. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.