Sukses

Cincin Canggih yang Bisa Membaca

Akan hadir perangkat cangih berbentuk cincin yang bisa membaca. Bagaimana cara kerjanya?

Liputan6.com, Jakarta Coba bayangkan jika ada sebuah alat yang mampu membantu untuk membaca. Pasti akan jadi alat yang sangat membantu bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan.
 
FingerReader, inilah nama perangkat audio berbentuk cincin yang sedang dikembangkan oleh para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology. 
 
Perangkat ini digunakan seperti cincin di jari pengguna, dilengkapi kamera kecil yang mampu memindai teks. Setelah itu akan ada suara yang keluar membaca kata-kata yang terdapat dalam buku, menu makanan, atau tulisan lain yang penting diketahui.
 
"Membaca semudah menunjuk jari pada teks. Di dalam alat kecil ini terdapat software yang mampu mengindentifikasi menjadi kata-kata," tutur Roy Shilkrot salah satu ilmuwan yang mengembangkan perangkat ini seperti dikutip laman Huffington Post, Kamis (10/7/2014).
 
Tentu saja alat yang sedang dalam proses pengembangan di MIT Media Lab ini ditunggu-tunggu bagi mereka yang terganggu penglihatannya. Jerry Berrier, 62, misalnya. Pria yang sejak lahir buta ini mengharapkan agar janji FingerReader jadi kenyataan yang bisa membantunya membaca dalam berbagai kesempatan. 
 
"Jika alat ini dijual di pasaran bisa membantu hidup lebih produktif dan sejahtera,"tambah Berrier.
 
Kehadiran FingerReader nanti, menurut Shilkrot, tidak akan menggantikan braille. Namun, memungkinkan pengguna untuk mengakses buku maupun bahan informasi yang sebagian besar tersedia dalam bentuk braille.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.