Sukses

7 Cara Cegah Stres Agar Tidur Lebih Nyenyak

Stres, rasa cemas, atau efek samping dari obat-obatan dapat mengganggu pola tidur seseorang yang menyebabkan mereka mengembangkan insomnia.

Liputan6.com, Jakarta Waktu tidur yang ideal bagi seseorang berkisar antara 7 sampai 8 jam. Tapi, beberapa faktor seperti stres, rasa cemas, atau efek samping dari obat-obatan dapat mengganggu pola tidur seseorang yang menyebabkan mereka mengembangkan insomnia.

Ada tiga jenis insomnia yang patut Anda ketahui. Yaitu, insomnia sementara yang berlangsung selama beberapa hari, insomnia akut yang berlangsung selama beberapa minggu, dan insomnia kronis yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Karena stres adalah faktor penting terjadinya insomnia, maka penting bagi Anda untuk mengurangi stres di kehidupan sehari-hari, agar dapat mengurangi masalah ini sebelum insomnia yang Anda alami meningkat menjadi akut dan kronis.

Dikutip dari Health Me Up, Kamis (10/7/2014), ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres;

  1. Perbanyak nutrisi
  2. Yoga
  3. Meditasi
  4. Makanan yang meningkatkan dopamin
  5. Mengurangi stres di tempat kerja
  6. Hilangkan stres di akhir pekan
  7. Mampu mengatur kehidupan sehari-hari : Mulai dari tidur di kasur yang tepat, hindari makanan dan minuman sebelum tidur seperti kafein. Dan berolahraga di malam hari, turut memengaruhi pola tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.