Sukses

Bila Pria Berpayudara Mirip Wanita, Waspada

Kegemukan atau obesitas ternyata bukan hanya memengaruhi penyakit seperti jantung dan stroke

Liputan6.com, Jakarta Kegemukan atau obesitas ternyata bukan hanya memengaruhi penyakit seperti jantung dan stroke. Menurut Pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, obesitas bisa menyebabkan munculnya penyakit yang lebih kompleks.

Seperti yang Samuel sampaikan pada wartawan, ditulis Kamis (10/7/2014), penyakit yang sering menghampiri penyandang obesitas antara lain kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Tapi secara spesifik, pada wanita obesitas risiko kanker payudara lebih tinggi.

"Wanita jangan pernah gemuk. Lemak akan menstimulan estrogen. Hormon ini memicu kanker payudara," kata Samuel.

Selain itu, kata Samuel, obesitas pada wanita juga dapat memengaruhi ketidaksuburan atau infertilitas. "Karena gemuk, sel telur wanita tidak akan pernah masak. Saya pernah menangani pasien yang tak kunjung hamil, begitu berat badannya turun 10-15 kilogram, tahu-tahu dia hamil. Sayangnya, banyak wanita ketika melihat dirinya cantik, langsing dan turun 10-15 kilogram, ia akan berkaca dan menganggap lebih baik nggak hamil. Mungkin karena wanita sangat mendewakan penampilan."

Di sisi lain, pada pria, obesitas juga menjadi masalah. Pernah melihat pria gemuk yang memiliki payudara besar hampir mirip dengan kepunyaan wanita? Samuel mengatakan, itu tandanya ia memiliki hormon estrogen yang tinggi. Semakin dia gemuk, produksi estrogen juga akan meningkat. Ini menyebabkan kualitas laki-laki menurun.

"Sel lemak akan memicu hormon testosteron tidak aktif. Padahal yang dubutuhkan pria adalah testoteron aktif dan berkualitas. Kalau hormon itu berkurang, mau jadi apa laki-laki. Makanya jangan gemuk," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini