Sukses

Seusai Sahur, Boleh Tidurkah?

Sebenarnya boleh tidak ya tidur setelah sahur, apakah tidur setelah sahur mengganggu metabolisme tubuh?

Liputan6.com, Jakarta Rasa kantuk yang muncul setelan makan sahur, siapa yang bisa menghadapinya? Tidak heran makanya jika setelah sahur kebanyakan orang melanjutkan tidur sampai siang. Tapi sebenarnya boleh tidak ya tidur setelah sahur? Apakah tidur setelah sahur mengganggu metabolisme tubuh?

Menjawab hal tersebut, Pakar Gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK yang ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, tidak ada salahnya tidur setelah sahur. Hanya saja ada yang perlu Anda perhatikan.

"Sehabis makan sahur, boleh tidur. Tapi ingat jumlah yang dimakan jangan berlebihan. Kalau bisa setelah makan sahur, 1-2 jam baru tidur," kata Samuel, ditulis Kamis (10/7/2014).

Meski boleh tidur setelah sahur, kata Samuel, lebih baik jika setelah makan bergerak terlebih dahulu seperti jalan. Dan ini yang harus diperhatikan.

"Menjelang imsak, makan karbohidrat kompleks untuk menjaga kadar gula darah selama puasa agar tetap stabil. Perbanyak serat buah dan sayur. Boleh minum jus yang diblender tapi buah harus dengan kulitnya agar seratnya banyak. Dengan mengonsumsi banyak serat, karbo akan diserap pelan-pelan dan Anda kuat sampai magrib," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini