Sukses

4 Kebiasan Sepele yang Bikin Anda Pusing Mikirin Bobot Tubuh

Metabolisme tubuh yang baik berperan penting untuk mengolah makanan yang erat kaitannya menjaga berat tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Metabolisme tubuh yang baik berperan penting untuk mengolah makanan yang erat kaitannya menjaga berat tubuh. Untuk menjaga metabolisme tubuh demi mendapatkan berat ideal, ternyata tak hanya sekedar memerhatikan apa yang dimakan dan rutin berolahraga.

Kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berhubungan dengan metabolisme tubuh pun bisa mengganggu kinerja tubuh demi mendapatkan berat badan ideal. Dilansir dari laman Today, Selasa (8/7/2014) berikut kebiasaan yang mengganggu metabolisme tubuh yang sering tak disadari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terlalu banyak duduk



1. Terlalu banyak duduk
Duduk lama-lama di depan komputer atau televisi bisa memperburuk metabolisme Anda. Menurut penelitian, pria aktif yang duduk selama tiga jam lebih per hari meningkatkan risiko sindrom metabolik, sebuah kondisi meningkatkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol dibandingkan orang yang duduk dua jam per hari.

3 dari 5 halaman

Tak cuci buah



2. Tidak mencuci buah
Studi yang dilakukan tahun 2012 oleh Environmental Health Perspectives menemukan data bahwa buah yang tak dicuci masih banyak mengandung polutan serta pestisida yang erat kaitannya dengan obesitas dan sindrom metabolik. Polutan yang terdapat dalam buah menyebabkan terganggunya ritme tubuh yang mengatur metabolisme.

4 dari 5 halaman

Lewatkan cuci tangan



3. Melewatkan cuci tangan sebelum makan
Meski sedari dulu para ibu tak bosan-bosannya menasihati untuk selalu cuci tangan sebelum makan, kadang banyak orang lupa juga. Para peneliti di Pennington Biomedical Research Center di Louisiana State University menemukan bahwa virus pernapasan yang disebut adenovirus mengubah sel-sel biasa menjadi lemak. Ini terjadi bila kita jarang mencuci tangan.

5 dari 5 halaman

Makan kurang pedas



4. Makanan kurang pedas
Segera tambahkan saus sambal atau sambal dalam menu makanan Anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Studi yang dikeluarkan dalam jurnal Appetite menemukan fakta bahwa ketika orang menambahkan cabai merah di piring saat makana malam membuat merasa lebih cepat kenyang dan makan 30% lebih sedikit dari biasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.