Sukses

Jus Ini Bikin Anda Mudah Tidur

Masalah sulit tidur kini jadi persoalan umum yang sering didera terutama kaum pekerja. Coba minum jus

Liputan6.com, Jakarta Masalah sulit tidur kini jadi persoalan umum yang sering didera terutama kaum pekerja. Berbagai saran dari berbagai artikel sudah dicoba tapi tidur masih juga sulit. Namun sudahkah mencoba konsumsi buah ceri?

Buah yang sering menghiasi kue tart ini ternyata lezat disajikan dalam bentuk jus. Bahkan jika minum jus ceri dua gelas sehari bisa membantu membuat tidur lebih lebih lama 90 menit setiap malamnya.

Hasil ini didapatkan para peneliti dari Louisiana State University (LSU) seperti yang dilansir laman Prevention, Rabu (9/7/2014). Penelitian dilakukan terhadap tujuh orang dewasa yang memiliki masalah insomnia.

Selama dua minggu mereka diberikan jus ceri dua kali sehari. Lalu, dua minggu kemudian tidak. Untuk meyakinkan hasil ini, relawan penelitian ini mengonsumsi plasebo jus buah ceri. Hasilnya, minum jus ceri membuat para relawan bertambah 84 jam tidurnya dibandingkan saat minum plasebo.

"Proanthocyanidins atau pigmen rubi merah dalam jus ceri, mengandung enzim yang mengurangi peradangan dan mengurangi kerusakan triptofan. Hal ini membuat tidur jadi lebih lama,"ungkap Frank L. Greenway direktur penelitian rawat jalan di Pennington Biomedical Research Center di LSU.

Penelitian lain dari School of Biological Sciences dari University of Northumbria juga mendapatkan hasil yang sama. Menurut penelitian ini, kandungan melatonin dalam ceri meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak.

Jika sulit menemukan buah ceri, bisa juga mencoba makan kiwi. Sebuah studi di Cina menunjukkan bahwa konsumsi kiwi satu jam sebelum tidur meningkatkan waktu tidur sebesar 13% dan mengurangi waktu bangung di tengah-tengah tidur sebesar 29 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini