Sukses

5 Bahan Perusak Gigi yang Wajib Dihindari

Berikut makanan atau minuman yang harus Anda hindari demi tampilan gigi yang membuat senyum Anda memesona

Liputan6.com, Jakarta Gigi yang rapi, bersih, dan tampak putih tentu dambaan semua orang. Sayang, keinginan dan kebiasaan berbanding terbalik.

"Begitu banyak orang yang cara mengunyah atau menggigit makanan yang membahayakan gigi, gusi, lidah, dan rahang," tutur dokter Jennifer Jablow, DDS dari Park 56 Dental, New York.

Berikut makanan atau minuman yang harus Anda hindari demi tampilan gigi yang membuat senyum Anda memesona seperti dikutip laman Mens Health, Rabu, (9/7/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Diet soda



1. Diet soda
Penelitian tahun 2012 oleh General Dentistry menemukan bahwa mengonsumsi minuman diet soda atau minuman yagn mengandung methamphetamine dapat merusak enamel gigi. Enamel gigi yang rusak membuat gigi lebih mudah menyerap warna makanan dan minuman yang diminum. Artinya, gigi tak bisa seputih mutiara.

3 dari 6 halaman

Permen beku



2. Permen Beku
"Ketika menggigit sesuatu yang keras, terutama dengan gigi depan dapat merusak gigi dan mengirim sinyal rasa sakit ke dalam sendi tempromandibular. Hal ini menyebabkan otot dan ligamen pada gusi tegang," tutur Dr Jablow.

4 dari 6 halaman

Jagung



3. Jagung
Makan jagung bakar langsung mengigit dari jagung memang nikmat. Tapi hal ini membahayakan. Menurut Paul Levi, Jr, DMD, saat makan jagung langsung dari tongkolnya ada serabut yang mungkin termakan, hal ini menyebabkan kerusakan gusi.

5 dari 6 halaman

Minuman panas


4. Minum minuman panas
Saat kulit tersenggol sesuatu yang panas tentu mengagetkan. Hal yang sama terjadi saat Anda minum sesuatu yang panas, menurut Dr Levi hal ini membuat permukaan lidah dan langit-langit mulut terasa sakit.

6 dari 6 halaman

Es batu



5. Es batu
Segelas es teh memang segar di hari yang terik. Namun bukan berarti saat teh sudah habis Anda mengunyah es batu yang tersisa. Menggigit es batu membuat otot-otot di sekitar rahang tegang dan Anda akan merasa sakit saat mulut membuka maupun menutup mulut.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.