Sukses

Melanoma, Kanker Kulit Akibat Sinar Matahari

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka pancaran sinar matahari dapat menyebabkan kanker? Sinar ultraviolet dari cahaya matahari dapat mengakibatkan kanker kulit yang menyerang mulai usia remaja.


Seperti yang dilansir dari NHS Choice, Minggu (10/8/2014), Melanoma bisa muncul dibagian tubuh mana saja. Bahkan dapat muncul di daerah yang jarang terkena sinar matahari sekalipun.

1 dari 3 halaman

Deskripsi dan Gejala


Deskripsi


Melanoma adalah penyakit langka dan serius yang merupakan tipe kanker yang menyerang kulit dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Tanda umum yang ditunjukkan dari Melanoma adalah munculnya tahi lalat baru atau perubahan tahi lalat. Hal ini terjadi dibagian tubuh manapun. Namun, biasanya terjadi di punggung, kaki, lengan dan wajah.


Melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan akan muncul lebih dari satu. Ukuran Melanoma akan lebih besar dari tahi lalat normal dan kadang-kadang gatal atau berdarah. Melanoma akan dibedakan melalui jenis dan bentuknya yang disebut dengan "ABCD Checklist".


Penyakit ini biasa menyerang saat usia 15-34 tahun dan akan mengakibatkan kematian akibat kanker kulit. Melanoma terjadi ketika beberapa sel di kulit berkembang dengan tidak normal. Tidak diketahui secara pasti kenapa bisa demikian, tapi diperkirakan terjadi karena pancaran cahaya ultraviolet (UV).


Gejala


Tanda dan gejala Melanoma yang pertama adalah munculnya tahi lalat baru atau perubahan tahi lalat. Tahi lalat normal biasanya memiliki satu warna, bulat atau oval dalam ukuran tidan lebih dari diameter 66 mm (1/4 inchi). Bentuk Melanoma cenderung tidak teratur dan memiliki lebih dari satu warna, dengan ukuran lebih dari diameter normal dan ada kemungkinan gatal dan berdarah.


Berikut beberapa cara untuk membedakan antara tahi lalat normal dengan Melanoma berdasarkan jenis:


1. A (Asymmetrical), Melanoma ini memiliki dua bagian yang berbeda dan bentuknya tidak beraturan
2. B (Border), Bentuknya tidak seperti tahi lalat normal, dan memiliki perbatasan berlekuk-lekuk
3. C (Colours), Warna dari Melanoma merupakan campuran dari dua warna atau lebih
4. D (Diameter), Diameter bentuknya tidak seperti bentuk normal
5. E (Enlargement or Evolution), Tahi lalat berubah karakteristik dan ukuran dari waktu ke waktu


Melanoma umumnya akan muncul dibagian tubuh manapun seperti punggung, kaki, lengan, dan wajah.

2 dari 3 halaman

Penyebab dan Pengobatan


Penyebab


Dalam beberapa kasus, Melanoma terjadi akibat dari sinar UV yang dapat memengaruhi kulit. Terdapat dua jenis utama dari sinar Ultraviolet (UV) yaitu Ultraviolet-A (UVA) dan Ultraviolet-B (UVB). UVA atau UVB akan memengaruhi kerusakan kulit sehingga memungkinkan kanker kulit (termasuk Melanoma).


Cahaya buatan seperti sunlamps dan tanning bed juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit Melanoma. Tapi, tidak semua Melanoma akibat dari sinar UV dan akan muncul di daerah kulit yang jarang terkena sinar UV.


Pengobatan


Pengobatan utama Melanoma adalah dengan cara bedah. Tapi jalur bedah tergantung pada keadaan individual dari pengidap Melanoma itu sendiri. Jika Anda mengalami Melanoma, ada beberapa profesional kesehatan sebagai pilihan berobat, seperti:


1. Dermatologist (spesialis kulit)
2. Ahli Bedah Plastik
3. Clinical Oncologist (dokter kanker spesialis radioterapi)
4. Medical Oncologist (dokter kanker spesialis obat terapi)
5. Pathologist (orang yang mendiagnosa kanker dengan mikroskio)
6. Radiologist (orang yang membaca dan menafsirkan scan atau X-ray)
(Rima Wahyuningrum/Igw)